Day 3 Refresh Trip with Andalan Feminine Care: Bakti Sosial di Desa Malaka Lombok

Ayu Miranti21 Jul 2019, 10:00 WIB
Day 3 Refresh Trip with Andalan Feminine Care: Bakti Sosial di Desa Malaka Lombok

Fimela.com, Jakarta Keseruan Refresh Trip with Andalan Feminine Care di Pulau Lombok berlanjut di hari ketiga. Mengawali pagi hari dengan Yoga di pinggir pantai Senggigi, para pemenang Photo Competition #BeraniAlami Beri Inpirasi melanjutkan kegiatannya dengan  bakti sosial dan mengikuti penyuluhan kesehatan reproduksi, pemberian ASI dan pentingnya KB bersama masyarakat terutama ibu-ibu dan perempuan di Desa Malaka, Dusun Teluk Kodek, Lombok Utara, Jumat (19/7).

Kegiatan sosial bersama masyarakat desa yang terdampak bencana gempa bumi di tahun 2018 lalu ini merupakan rangkaian acara Andalan Feminine Care - Fresh Inspiration "Stay Active & Enjoy The Freshness With Andalan, 17-19 Juli 2019 at Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Mengawali kegiatan di hari Jumat, para sahabat Andalan Feminine Care Fresh Inspiration lebih dahulu mengikuti kegiatan Yoga bersama di kawasan hotel yang dekat dengan tepi pantai Senggigi.

Day 3 Refresh Trip with Andalan Feminine Care-1
©Fimela.com/Deki Prayoga

Brand Manager Andalan Feminine Care, Anindita Maharani Wijaya mengatakan selama di Lombok, para sahabat Andalan Fresh Inspiration tak hanya merefresh diri dengan kegiatan jalan-jalan dan menikmati destinasi wisata, tapi juga diajak untuk memiliki kepedulian lingkungan salah satunya dengan kegiatan sosial bersama masyarakat yang terkena bencana gempa beberapa waktu lalu.

"Di hari pertama, kita seru-seruan ke Bukit Merese, Pantai Mawun untuk olahraga. Di hari kedua, kita keliling ke Gili dan Amazing Race. Tidak hanya aktif saja tapi juga freshnya kita highlight. Puncak acaranya di hari ketiga ini, kegiatan sosial di Desa Malaka, Dusun Teluk Kodek yaitu untuk membagikan informasi pentingnya kesehatan reproduksi dan KB itu sendiri kepada masyarakat terutama ibu-ibu dan perempuan di sekitar desa ini," ujar Brand Manager Andalan Feminine Care, Anindita Maharani Wijaya.

Para sahabat Andalan Fresh Inspiration pun sangat antusias mereka melebur bersama masyarakat, menyapa dan bermain barang balita serta anak-anak dusun Teluk Kodek.

Day 3 Refresh Trip with Andalan Feminine Care-2
©Fimela.com/Deki Prayoga

Materi penyuluhan kesehatan reproduksi, Asi, dan KB senidiri disampaikan oleh dr. Ratna Dewi dan tim dari Persatuan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) NTB. Para peserta menyimak dengan antusias setiap materi yang disampaikan mulai dari fungsi dan organ dalam sistem reproduksi, penggunaan alat kontrasepsi, hingga macam-macam penyakit reproduksi wanita.

"Banyak sekali masyarakat terutama ibu-ibu dan perempuan yang tidak terlalu paham mengenai organ reproduksi, alat-alat kontrasepsi, hingga keluhan-keluhan penyakit yang dialami. Hal ini dikarenakan  mereka tinggal di daerah pedalaman, jauh dari fasilitas kesehatan dan jarang mendapatkan penyuluhan. Bahkan mereka lebih pecaya pada mitos-mitos," ujar dr Ratna Dewi.

Bencana gempa yang terjadi di Lombok tahun lalu, kata Ratna Dewi masih berdampak kepada masyarakat hingga saat ini dan dapat mengganggu kesehatan reproduksi.

"MCK belum maksimal, masih banyak orang yang turun untuk mendapatkan sumber air. Pakai MCK bersama-sama tetangga. Ini yang perlu diperhatikan untuk mengurangi masalah infeksi. Karena faktor air bersih dan ketidaktahuan merawat kesehatan reproduksi. Bahkan masih ada juga perempuan yang menggunakan kain ketika menstruasi,"tutur Ratna Dewi.

Untuk memenuhi kebutuhan ibu-ibu dan perempuan di Dusun Teluk Kodek yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi, pemenuhan ASI, dan KB, Andalan turut membagikan goodie bag yang berisi produk-produk dari Andalan mulai dari pembalut, pembersih Andalan Feminine Care, hingga Andalan Nutrisi Lactaboost yang berguna untuk memperlancar ASI sang ibu. Kehadiran Andalan Feminine Care dengan 3 varian berbeda tentunya menjadi solusi untuk merawat area kewanitaan mengingat keterbatasan fasilitas air bersih di desa.

Day 3 Refresh Trip with Andalan Feminine Care-3
©Fimela.com/Deki Prayoga

dr. Ratna Dewi mengatakan untuk mendapat manfaat terbaik dari produk pembersih kewanitaan sebaiknya gunakan sebelum muncul keluhan-keluhan.

"Kalau ada keluhan berat dan penyakit, sebaiknya diobati dulu penyakitnya. Kalau sudah pakai produk pembersih tapi belum hilang keluhannya juga, jangan dulu salahkan produknya. Karena untuk keluhan iritasi parah dan keputihan yang abnormal perlu ada penanganan medis," jelas Ratna.

Para Sahabat Andalan Feminine Care, termasuk Sonya Pandarmawan selaku Brand Talent Andalan Feminine Care dan Travel Blogger, Kadek Arini yang hadir dengan semangat membagikan goodie bag Andalan kepada ibu-ibu dan perempuan yang hadir dalam penyuluhan kesehatan ini.

Lily Sectiovanda, sahabat Andalan Feminine Care yang menjadi pemenang kompetisi Vlog selama kegiatan di Lombok mengaku sangat senang mengikuti rangkaian kegiatan Andalan Feminine Care - Fresh Inspiration "Stay Active & Enjoy The Freshness With Andalan, 17-19 Juli 2019 at Lombok, Nusa Tenggara Barat.

"Terima kasih banget buat Andalan Feminine Care, selama di Lombok di kasih happy dan fun. Sebenarnya masih belum ingin pulang. 3 Hari dua malam tidak cukup, bikin lagi ya Andalan," pinta Vanda.

Kadek Arini
(c) instagram/kadekarini

Dalam postingan di Instagram, Kadek Arini bercerita kalau selama berada di Lombok banyak pengalaman seru yang ia dapatkan.

"Jujur kalau lagi traveling aku anaknya gak rajin olahraga. Tapi 3 hari staycation kemarin di Lombok sama @andalanfemininecare jadi perjalanan paling seru, paling menyehatkan dan mengedukasi. Pagi-pagi kita yoga, kemudian sore poundfit di pinggir pantai. Banyak banget pengalaman baru yang aku dapet dari acara ini. Apalagi habis ada sharing session dan workshop tentang kesehatan reproduksi, jadi buat aku semakin aware untuk perawatannya. Thank you @AndalanFeminineCare untuk pengalaman barunya :)," ungkap Kadek Arini.

Reporter: Gilar Ramdhani