Kesalahan Olahraga Ini yang Membuat Lemak Perut Tetap Menumpuk!

Febi Anindya Kirana28 Jul 2019, 10:15 WIB
olahraga

Fimela.com, Jakarta Olahraga setiap hari tapi perut masih buncit dan tetap menumpuk banyak lemak? Mungkin bukan cara makan atau olaharagamu yang salah, tapi kadar hormon kortisol yang salah. Hormon kortisol adalah hormon yang dihasilkan ketika tubuh stres.

Terlalu banyak stres tak akan baik untuk tubuh, apalagi jika kamu memaksakan tetap olahraga saat tubuh sebenarnya butuh istirahat. Seperti dikatakan ahli gizi diet terdaftar Avigdor Arad, PhD, CDE, dalam Popsugar bahwa kortisol membuat orang ingin makan lebih banyak, tidur berkurang, dan bahkan memicu resisten insulin.

Lalu apa hubungannya dengan menumpuk lemak di perut? Ketika hormon kortisol tinggi, kamu akan tergoda ngemil, lemak yang dibakar pada saat olahraga akan kembali ditumpuk karena kamu berpikir cara terbaik memberi 'hadiah' pada tubuh adalah dengan banyak makan.

Lemak Perut Tetap Menumpuk Meski Olahraga

Ilustrasi lemak perut (Foto: iStock)
Ilustrasi lemak perut (Foto: iStock)

Kurang tidur juga akan menghambat pembakaran lemak di malam hari dan menahan insulin akan membuat tubuh cenderung menyimpan gula sebagai lemak daripada dibakar menjadi energi.

Jadi, sebelum menyalahkan olahraga yang kamu lakukan, mungkin sebaiknya kenali tubuhmu sendiri. Jika sedang stres, lepaskan dulu penyebab stres dengan meditasi, menghibur diri, atau yoga, kemudian mulailah olahraga lagi dengan pikiran yang lebih baik.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓