4 Kegiatan Menarik yang Bisa Dilakukan Bersama Buah Hari di Hari Anak Nasional

Vinsensia Dianawanti23 Jul 2019, 12:00 WIB
berkebun

Fimela.com, Jakarta 23 Juli menjadi peringatan Hari Anak Nasional bagi masyarakat Indonesia. Di hari ini, kita diingatkan kembali akan pentingnya membangun hubungan yang erat antara anak dan orangtuanya, terkhusus bagi ibu dan anak.

Untuk menjalin hubungan yang semakin erat, beragam cara bisa dilakukan dan momen yang bisa dimanfaatkan untuk menghabiskan waktu bersama anak. Berdasarkan rilis yang diterima Fimela dari Tokopedia, berikut beragam kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak di Hari Anak Nasional.

1. Memasak bersama

Ini menjadi kegiatan menarik yang melibatkan anak dalam menyiapkan makanan. Selain itu, orangtua juga bisa mengajak anak untuk berbelanja bahan makanan hingga menyiapkan meja makan. Selama kegiatan memasak, anak bisa dilibatkan untuk mencicipi makanan agar ia mengenal berbagai macam makanan yang sehat dan penuh nutrisi. Memasak bersama anak bukan hanya memberikan pengalaman namun juga kesempatan untuk mengasah keterampilan penting, seperti membaca, mengikuti arahan, dan mengukur.

2. Membacakan cerita kesukaan

Di tengah padatnya jadwal orangtua, tentu membacakan buku cerita menjadi kegiatan yang semakin jarang dilakukan. Dengan kegiatan membacakan cerita, orangtua dapat melakukan percakapan yang dapat membuat anak menjadi sosok yang lebih terbuka dengan orangtua.

Kegiatan yang bisa dilakukan di Hari Anak Nasional

Anak Membaca
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

3. Melibatkan anak untuk mengerjakan pekerjaan rumah

Menyiram tanaman, membersihkan perabotan rumah tangga, hingga mencuci kendaraan memang merupakan kegiatan sehari-hari. Jangan lupa untuk mengajak anak melakukan kegiatan tersebut untuk membangun kedekatan dengannya. Orangtua bisa mengajak anak-anak untuk melakukan hal yang mudah terlebih dahulu. Seperti menyiram tanaman, membersihkan mainan, hingga melipat baju.

4. Berolahraga di lingkungan terbuka

Meskipun menarik, berolaharaga di ruangan terbuka agak sulit dilakukan karena waktu yang tidak memungkinkan. Jika ada waktu, sempatkan ajak anak berjalan berkeliling taman untuk melakukan jogging atau bermain di area taman.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓