10 Makanan Khas Betawi yang Enak Lezat Wajib Dicoba

Mimi Rohmitriasih23 Jul 2019, 12:37 WIB
makanan betawi

ringkasan

  • Makanan pertama ada sayur babanci.
  • Ketoprak adalah kuliner khas Betawi terpopuler.
  • Kue pancong juga merupakan makanan khas Betawi.
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Indonesia merupakan salah satu negara dengan kekayaan kuliner yang beragam. Hampir di setiap daerah memiliki makanan khas masing-masing dengan kelezatan tiada duanya.

Dari Sabang sampai Merauke, kita bisa menemukan beragam makanan khas tanah air yang menggugah selera. Bahkan nih ya, di salah satu daerah saja kita bisa menemukan beragam makanan yang kelezatannya siap memanjakan lidah kita kapan saja.

Ngomongin soal makanan khas daerah, kali ini Fimela punya daftar makanan khas Betawi yang enak dan lezat menggugah selera. Saat berkunjung ke Betawi atau Jakarta, pastikan untuk mencoba makanan khas Betawi ini ya.

Makanan Khas Betawi

Makanan Betawi
ilustrasi/copyright shutterstock.com

1. Sayur Babanci

Makanan khas Betawi pertama ada sayur babanci. Ini merupakan makanan yang terbuat dari sayuran, daging sapi, kelapa muda dan petai dengan kuah pedas.

2. Ketoprak

Makanan khas Betawi selanjutnya yakni ketoprak. Ketoprak terdiri dari irisan lontong atau ketupat dengan lauk mie jagung, bawang merah goreng, tauge rebus, irisan tahu lalu disiram dengan saus kacang dan kecap.

3. Pecak Lele

Makanan khas Betawi selanjutnya adalah pecak lele. Sajian ini berbahan dasar ikan lele yang digoreng kemudian disajikan dengan bumbu saus kacang dan air asam jawa juga santan.

4. Laksa Betawi

Melansir dari laman brilicious.brilio.net, laksa Betawi adalah makanan khas Betawi sejenis mie. Biasanya terdiri dari mie gandum atau bihun yang disiram kuah kaldu lengkap dengan sayuran, tauge, daun kemangi dan telur.

5. Soto Tangkar

Bagi penggemar makanan berkuah sedap, soto tangkar khas Betawi penting untuk dicoba. Soto tangkar terbuat dari iga sapi dengan bumbu rempah yang melimpah. Soto tangkar memiliki cita rasa khas yang siap memanjakan lidah siapa saja.

Kerak Telor Hingga Kue Pancong

Kerak Telor
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

6. Kerak Telor

Ini merupakan makanan khas Betawi yang begitu populer. Kerak telor terbuat dari telur bebek, beras ketan putih, ebi yang disangrai mirip abon, bawang goreng dan bumbu kelapa sangrai.

7. Lontong atau Ketupat Sayur

Masyarakat Betawi sangat menyukai makanan yang satu ini. Tak hanya ditemukan di Jakarta dan sekitarnya, makanan khas Betawi satu ini bisa dengan mudah ditemukan di berbagai kota besar di Indonesia.

8. Gado-gado Betawi

Makanan khas Betawi selanjutnya ada gado-gado betawi. Gado-gado juga sering disebut sebagai saladnya orang Indonesia. Gado-gado terbuat dari aneka sayuran yang direbus, kentang, lontong atau ketupat, telur rebus dan saus kacang.

9. Nasi Uduk

Nasi uduk dengan cita rasa gurih ini biasanya cocok dijadikan menu sarapan. Nasi uduk disajikan dengan aneka lau seperti kering mie, telur dadar, ayam goreng, kacang goreng, abon, sambal, kering tempe, kering tahu dan sejenisnya.

10. Kue Pancong

Kue pancong juga menjadi salah satu makanan khas Betawi yang enak serta lezat. Kue pancong terbuat dari tepung beras, santan dan kelapa parut. Kue pancong juga dikenal dengan nama gandos atau bandros. Untuk menambah rasa manis, kue pancong biasanya ditaburi gula pasir atau disiram dengan saus gula merah.

Itulah beberapa makanan khas Betawi yang enak dan lezatnya juara. Selain makanan di atas, masih ada beberapa makanan lain yang enaknya juara. Makanan lain itu antaranya roti buaya, kue cucur, dodol betawi, mie kangkung, kue cente manis, pindang bandeng kecap, bubur ase dan soto Betawi. Dari sekian banyak makanan yang ada, mana nih favoritmu?

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓