Alternatif Investasi yang Harus Dimiliki Perempuan Sejak Dini

Ayu Miranti14 Agu 2019, 00:02 WIB
Alternatif Investasi yang Harus Dimiliki Perempuan Sejak Dini

Fimela.com, Jakarta Seiring berjalannya tahun, biaya hidup pun kian melambung. Mulai dari harga rumah, kesehatan, pendidikan anak, bahkan harga makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Sudah bukan saatnya untuk terus berpangku tangan pada pasangan, apalagi orangtua untuk menjamin masa depanmu. Nggak perlu bingung, ada beberapa alternatif investasi yang cocok buat perempuan yang ingin mempersiapkan masa depan yang lebih terjamin.

Perhiasan

Perempuan mana yang tak suka belanja dan memakai perhiasan? Selain dapat digunakan untuk mempercantik penampilan terutama di acara-acara khusus, perhiasan berbahan emas ini juga dapat dijadikan pilihan investasi jangka panjang.

Bukan hanya berbentuk perhiasan, tidak ada salahnya menyisihkan uang untuk membeli emas batangan. Bisa dibeli langsung di toko emas atau platform online, harga emas hari ini punya nilai yang relatif stabil hingga masa yang akan datang.

Properti

Di sela kesibukanmu, baik sebagai perempuan yang bekerja di kantor, stay at home mom, atau yang sedang mengejar gelar sarjananya, properti bisa jadi pilihan investasi yang tepat. Gunakan tabunganmu untuk membangun rumah kos atau membeli apartemen untuk disewakan kembali. Selain bisa menjadi pendapatan tambahan, properti bisa dijadikan investasi jangka panjang karena punya harga yang cukup stabil, bahkan nilai jualnya terus meningkat setiap tahunnya.

Deposito

Selain melakukan investasi emas, deposito juga bisa dipilih untuk investasi masa depan. Ada beberapa pilihan jangka waktu yang bisa dipilih, biasanya mulai 3, 6, hingga 12 bulan dengan besaran bunga yang berbeda, tapi nilainya lebih tinggi ketimbang tabungan biasa. Tapi, kamu tidak bisa mengambil uang seenaknya, harus menunggu hingga jatuh tempo jika tidak ingin terkena penalti dari pihak penyedia deposito tersebut.

Reksa Dana

Tidak harus menguasai keuangan untuk berinvestasi lewat reksadana. Mulai dari mahasiswa hingga ibu rumah tangga pun bisa mencoba investasi ini. Caranya cukup mudah dan sederhana, dengan menemukan Manager Investasi, pihak yang akan menginvestasikan dana ke Pasar Uang, Obligasi, maupun Saham. Hanya perlu diingat, jangan memilih sembarang agen tapi pastikan telah memilih orang yang ahli di bidangnya dan mendapatkan izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Bisa dimulai hanya dengan selembar uang 10 ribu, investasi ini bisa dicairkan atau dijual kapan saja, tanpa terkena pajak. Prosesnya pun kian mudah karena kini makin banyak platform online yang mengandalkan pendaftaran cepat dan mudah, teknologi yang canggih, serta hasil yang optimal.

Mencapai kemandirian finansial, membuatmu mampu bertahan dalam segala kondisi, tanpa harus bergantung pada orang lain. Tak perlu bingung menentukan investasi mana yang sesuai dengan kebutuhanmu, #MulaiAjaDulu di Tokopedia untuk menjamin keuanganmu sejak dini. (adv/eth)