Alasan Cewek Lebih Bisa Atur Keuangan Dibandingkan Cowok

Ayu Miranti16 Agu 2019, 00:02 WIB
Alasan Cewek Lebih Bisa Atur Keuangan Dibandingkan Cowok

Fimela.com, Jakarta Banyak yang menganggap cewek itu mata duitan. Mungkin ada benarnya jika dikaitkan dengan kemampuan para perempuan untuk mengatur keuangan yang dianggap lebih baik ketimbang para pria. Walau seringkali disebut boros dan mudah mengeluarkan kartu kredit saat menemukan barang yang didiskon, perempuan disebut punya kemampuan yang lebih baik dalam mengelola keluar masuknya uang. Apa ya alasannya?

Cermat Membuat Anggaran Keuangan

Perempuan dikenal akan kemampuannya memperhatikan hal-hal secara lebih detil dan terorganisir, ketimbang pria. Misalnya, ketika keluarga masih memiliki tanggungan kredit kendaraan bermotor atau KKB, maka ia akan lebih teliti dalam mengelola pengeluaran. Hal ini juga didukung oleh sifat perfeksionis dalam membuat anggaran yang penting dalam mengelola keuangan. Tidak heran jika perempuan jarang terlambat membayar kewajiban bulanan karena tak ingin mengeluarkan dana lebih karena terkena denda.

Lebih Terbuka pada Bantuan Pihak Luar

Soal ego, para pria dipercaya punya kadar yang lebih tinggi dan membuatnya pikir berkali-kali saat meminta bantuan dari pihak luar. Berbeda dengan perempuan yang lebih terbuka dan tanpa sungkan bertanya pada orang lain yang lebih mampu.

Tak terkecuali dengan pengelolaan keuangan yang dilakukan para perempuan dengan bantuan financial planner. Mulai dari memilih investasi yang tepat, merencanakan tabungan untuk menjamin masa depan, asuransi pendidikan, hingga membuat anggaran jangka panjang dengan lebih akurat.

Pilih Investasi Rendah Risiko

Banyak perempuan yang mulai melek finansial dan berinvestasi sejak dini untuk menjamin masa depan yang lebih cerah, sehingga tak  lagi mengandalkan tabungan saja. Tapi siapa sangka, kaum hawa merupakan investor yang lebih baik ketimbang pasangannya karena lebih menghindari risiko tinggi saat berinvestasi.

Selain itu, perempuan juga tak terburu-buru dalam memilih investasi yang mampu memberi keuntungan jangka panjang. Tidak heran jika kita memanfaatkan lebih banyak waktu untuk menghitung dan mempertimbangkan keputusan saat dikaitkan dengan investasi.

Lebih Realistis

Dibanding pria, sifat kompetitif yang dimiliki oleh perempuan cukup rendah. Hal ini berpengaruh pada gaya hidup kaum adam yang seringkali tidak sebanding dengan kemampuan ekonominya.

Tak ingin terlihat kalah dibanding teman-temannya, tidak jarang para pria menghabiskan banyak uang untuk membeli barang-barang mahal untuk mengikuti lifestyle. Sebaliknya, kartu kredit BRI sudah di tangan, perempuan akan berpikir berkali-kali sebelum menggunakannya untuk membeli barang-barang hanya untuk pamer karena sifatnya yang lebih realistis.

Manajer Keuangan di Keluarga

Berubah status menjadi istri dan ibu, perempuan secara tidak langsung belajar untuk memperhatikan dan mempersiapkan kebutuhan maupun masa depan keluarga. Perempuan cenderung memiliki tujuan keuangan jangka panjang, terutama dalam biaya pendidikan anak-anak maupun investasi untuk mempersiapkan masa pension. Ditunjang kecermatannya, para perempuan lebih baik dalam hal mengelola keuangan keluarga hingga hal-hal detil.

Berdasar alasan-alasan di atas, nggak heran jika cewek lebih jago mengatur keuangan ketimbang para cowok. Jangan khawatir apabila merasa belum punya kemampuan dalam mengurus keluar masuknya uang, #MulaiAjaDulu di Tokopedia. (adv/eth)