Benarkah Hubungan Cinta Bahagia Bikin Berat Badan Bertambah?

Mimi Rohmitriasih23 Jul 2019, 19:00 WIB
Couple

Fimela.com, Jakarta Ketika menjalin hubungan asmara, setiap orang dipastikan ingin hubungan tersebut selalu bahagia dan mengesankan. Siapapun juga ingin agar hubungan tersebut langgeng hingga keduanya menua bersama.

Biasanya, orang dengan hubungan asmara bahagia akan lebih mudah bertambah berat badannya. Terlebih lagi ketika hubungan asmaranya ini tak hanya hubungan pacaran melainkan hubungan pernikahan. Sejauh ini tidak sedikit pasangan suami istri yang terus mengalami kenaikan berat badan setelah pernikahannya.

Kenapa orang dengan hubungan bahagia berat badannya rentan bertambah?

Penyebab Berat Badan Bertambah Karena Cinta Bahagia

Couple
Ilustrasi/copyright pexels.com

Melansir dari laman Psychology Sport, penelitian yang dilakukan para ahli di University of Queensland, Australia menyebutkan jika sebagian besar perempuan dengan hubungan asmara bahagia akan mengalami kenaikan berat badan hingga 30% jika dibandingkan perempuan jomblo. Penelitian ini juga menemukan jika pria yang telah menikah lebih mudah mengalami kenaikan berat badan dibandingkan pria yang jomblo.

Rasa bahagia dan kepuasan dalam hubungan membuat tubuh makin mudah mengalami kenaikan berat badan. Pasangan yang bahagia disinyalir memberikan pelayanan yang terbaik untuk satu sama lain termasuk pelayanan memberi makan ke pasangan setiap harinya.

Penelitian lain yang dilakukan di Southern Methodist University di Dallas, Amerika Serikat menemukan jika penambahan berat badan pascamenikah terjadi karena perubahan pola hidup. Pasangan bahagia dan penuh cinta umumnya merasa nyaman, aman, percaya dari dan jauh dari stres.

Kenyamanan inilah yang membuat seseorang makan dengan lahap setiap harinya, tidur lebih nyenyak dan ngemil lebih banyak. Tak heran jika hal ini kemudian membuat berat badannya mudah naik. Untuk mengurangi risiko kenaikan berat badan setelah menikah, para ahli menyarankan agar pasangan memiliki olahraga cukup.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓