Begini 5 Cara Mengatasi Pasangan Pencemburu & Sensitif

Febi Anindya Kirana23 Jul 2019, 17:15 WIB
pencemburu

Fimela.com, Jakarta Ada kalanya orang bertemu pasangan yang pencemburu berat. Mau melakukan apa-apa harus bilang dulu, harus laporan dulu mau ke mana dan pulang jam berapa. Cukup merepotkan memang, tapi kalau sudah cinta mau bagaimana? Satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah menghadapinya dan mencari cara agar bisa mengatasi kecemburuan tersebut.

1. Pahami alasan dia cemburu

Pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui apa alasan ia cemburu. Apa pemicunya hingga ia marah-marah dan bersikap posesif. Mungkin kamu melakukan hal yang ia nilai telah melanggar kepercayaan dalam hubungan. Bersikaplah peka dengan perasaannya.

2. Tempatkan diri di posisinya

Jangan kesal dulu, kamu perlu menempatkan diri di posisinya. Bagaimana jika hal itu terjadi padamu. Misalnya, dia ketahuan jalan berdua dengan perempuan lain yang ia bilang 'hanya teman'. Jika hal itu juga memicu kecemburuanmu, maka rasa cemburunya wajar.

Mengatasi Pasangan Pencemburu

Pasangan - hubungan cinta (iStock)
Ilustrasi pasangan bahagia - hubungan cinta (iStockphoto)

3. Hargai rasa cemburunya

Karena pada dasarnya cemburu adalah bentuk rasa cinta, maka wajar jika itu muncul karena ia merasa punya perasaan terikat padamu. Daripada mengelak dan mencari alasan defensif sehingga memicu pertengkaran, sebaliknya hargai rasa cemburunya. Banggalah karena ini tanda ia sayang padamu. Kamu bisa bilang "Makasih yang udah cemburu, kamu manis deh kalau cemburu gitu."

4. Bicarakan berdua

Jangan ditanggapi dengan amarah, sebaliknya bicarakan masalah ini dengan tenang dan santai. Karena komunikasi adalah kunci segala masalah, katakan hal itu tak perlu membuatnya resah, dan bagaimana rasa cemburunya itu mempengaruhi hubungan sosialmu dengan orang lain. Ketika kalian berdua sudah menentukan batasan dan aturan yang jelas, kecemburuan itu bisa dikendalikan.

5. Bangun rasa percaya

Ini hal yang paling penting dimiliki dalam hubungan. rasa cemburu timbul karena tidak adanya rasa percaya yang kuat. Mudah curiga dan cemas akan diselingkuhi akan membuat hubungan cinta tak akan pernah tenang.

Jadi, daripada kesal sendiri dengan pasangan pencemburu, ada baiknya jika sekian hal di atas coba kamu lakukan, Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓