Sukses

Lifestyle

Susah Tidur Malam Karena Udara Panas, Ini Trik Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Udara panas belakangan terjadi tidak hanya di siang hari. Di malam hari seringkali merasakan hawa panas yang luar biasa hingga mengakibatkan susah tidur.

Padahal suhu kamar yang optimal untuk tidur adalah antara 16 hingga 21 derajat celsius. Otak harus sedikit lebih dingin dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Sehingga ketika berada di udara yang cukup panas, otak akan kesulitan merasakan rileks yang membuat susah tidur. Ketika hawa panas menerpa, bagaimana bisa mendapatkan tidur yang optimal?

1. Masukan selimut ke dalam freezer

Salah satu cara bisa tidur nyenyak di malam hari yang panas adalah dengan mendinginkan selimut. Masukkan selimut ke dalam plastik besar kemudian masukkan ke dalam kulkas. Tidak perlu lama-lama, cukup beberapa menit saja.

2. Isi botol air panas dengan air es

Botol air panas biasanya mampu menjaga suhu dingin atau panas secara konsisten dalam rentang waktu tertentu. Masukkan es batu ke dalamnya, dan letakkan di titik pendinginan pada tubuh. Seperti lutut, pergelangan kaki, pergelangan tangan, leher, dan siku.

3. Gunakan aloe vera

Gel aloe vera memiliki sifat mendinginkan kulit. Sebelum tidur, gunakan gel aloe vera yang telah didinginkan sebagai pelembap. Dinginnya aloe vera akan membantu tubuh menurunkan suhunya.

 

Trik atasi susah tidur karena udara panas

4. Isi botol parfum kosong dengan air dingin

Ini menjadi solusi praktis ketika ingin mendinginkan wajah di malam hari. Masukkan air dingin ke dalam botol parfum yang sudah kosong dan sudah dibersihkan. Ketika wajah atau bagian tubuh lainnya terasa panas, tinggal semprotkan saja.

5. Gunakan piyama katun dan tipis

Bahan kain yang digunakan sepanjang tidur juga membantu menurunkan suhu. Gunakan pakaian yang tipis dan seprai katun. Sehingga tubuh dan tempat tidur tetap sejuk karena sirkulasi udara berputar dengan maksimal.

6. Tidak terlalu banyak makan protein di malam hari

Perhatikan makanan yang ada dalam menu makan malam kamu. Jangan terlalu banyak makan makanan yang mengandung protein karena ia dapat memanaskan tubuh melalui laju metabolisme tubuh.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading