Ini Cara Efektif Membersihkan Buah dan Sayur dari Pestisida!

Febi Anindya Kirana27 Jul 2019, 13:17 WIB
anggur

Fimela.com, Jakarta Berbagai macam buah dan sayur yang dijual di pasaran kemungkinan besar mengandung pestisida, bahkan untuk beberapa makanan yang diberi label organik. Meskipun hal ini tidak mengejutkan, namun tetap saja pestisida memiliki efek racun dan berbahaya untuk tubuh. Itulah mengapa, sebaiknya setiap orang tahu bagaimana cara terbaik membersihkan buah dan sayur dari pestisida.

Sayangnya, penelitian yang dilakukan oleh tim Connecticut Agricultural Experiment Station menemukan bahwa mencuci buah dan sayur dengan air mengalir saja tidak menyelesaikan masalah. Mencuci dengan air mengalir hanya membuang 9-12% pestisida pada buah dan sayur.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa mencuci dan merendam dengan baking soda merupakan cara terbaik dan efektif menghilangkan residu pestisida pada buah apel, dan ini juga berlaku untuk buah dan sayuran lain.

Tips Membersihkan Buah dan Sayur dari Pestisida

tips mencuci buah
Photo by Talal Ahmad on Unsplash

Meskipun memang butuh waktu 12-15 menit untuk menghilangkan pestisida secara menyeluruh jika merendam menggunakan sedikit larutan baking soda. Namun hal ini sangat membantu mencegah bahaya pestisida yang masuk ke tubuh.

Bahaya pestisida untuk tubuh bisa bermacam-macam menurut banyak penelitian, berbagai penyakit kronis mulai dari asma, COPD, gangguan reproduksi, cacat lahir pada bayi, penyakit neurodegeneratif seperti Parkinson dan Alzheimer, hingga diebetes dan kanker.

Jadi, mulai sekarang lebih perhatianlah dengan makanan yang masuk ke dalam tubuh ya Sahabat Fimela. Meski memang sayur dan buah sangat baik untuk tubuh, tapi cara membersihkannya juga sangat berpengaruh pada kesehatan.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓