3 Tips Membersihkan Buah dan Sayur dari Pestisida!

Febi Anindya Kirana28 Jul 2019, 13:21 WIB
tips dapur

Fimela.com, Jakarta Hanya sedikit buah dan sayur yang 100 % bersih dari pestisida, karena pada umumnya hasil perkebunan sayur dan buah pasti memberikan perawatan bahan kimia ini untuk menjaga hasil panennya.

Tapi mengetahui bahwa akumulasi pestisida dalam tubuh bisa menimbulkan berbagai penyakit kronis, akan lebih baik jika Sahabat Fimela tahu bagaimana cara yang tepat membersihkan buah dan sayur dari pestisida.

1. Baking soda

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, menemukan bahwa baking soda yang dilarutkan dengan 100 ml air atau secukupnya mampu membersihkan buah dan sayur dengan sangat efektif. Cukup merendam 12-15 menit, gosok dan bilas bersih setelahnya.

2. Garam

Penelitian yang dilakukan diterbitkan dalam jurnal Food Control menemukan bahwa mencuci sayuran dengan larutan garam 10% mampu membersihkan permukaannya dari pestisida dengan sangat baik. Cukup ambil 1 sdm garam ke dalam 1 liter air, dan rendam selama 20 menit. Gosok dan bilas bersih setelahnya.

Tips Mencuci buah dan sayur dari Pestisida

tips mencuci buah dan sayur
Photo by Roychan Kruawan on Unsplash

3. Cuka

Merendam buah dan sayur ke dalam cuka selama 20 menit terbukti mampu memberishkan dari pestisida, menurut penelitian yang dilakukan diterbitkan dalam jurnal Food Control. Namun sayangnya, cuka cukup mahal untuk dibeli setiap kali ingtin mencuci buah dan sayur.

Mencuci dengan air mengalir saja hanya mampu membuang 9-12% pestisida pada bahan makanan, menurut penelitian yang dilakukan ilmuwan Connecticut Agricultural Experiment Station. Jadi, selalu pastikan mencuci buah dan sayur yang dibeli dengan cara di atas ya Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓