Cara Mudah untuk Tetap Bahagia Setelah Bercerai

Mimi Rohmitriasih29 Jul 2019, 11:35 WIB
bahagia

Fimela.com, Jakarta Perceraian merupakan hal yang tidak mudah. Ada rasa sedih, kecewa dan lega dalam satu waktu yang sama. Bagi beberapa orang, perceraian mungkin saja akan terasa lega apalagi jika selama pernikahannya pasangan adalah pihak yang suka menyakiti. Tapi, bagi beberapa orang lainnya perceraian bisa menjadi hal yang menakutkan dan menyedihkan.

Melansir dari laman prevention.com, perceraian bisa menyebabkan perubahan emosi yang signifikan. Para ahli mengungkapkan jika perceraian bisa meningkatkan risiko stres hingga depresi berlebihan. Penting bagi setiap orang yang baru saja bercerai mengelola emosinya dengan sangat baik agar perceraian tersebut tidak berdampak buruk buat kesehatan fisik pun psikisnya.

Setelah bercerai, seseorang mungkin akan merasa ditolak, merasa bersalah dan merasa gagal. Tapi jangan sampai perasaan-perasaan ini membuatnya depresi. Agar tetap bahagia setelah bercerai, penting untuk sabar dan menerima keadaan dengan lebih lapang serta tenang.

Kunci Bahagia Setelah Bercerai

Zodiak
ilustrasi/copyright unsplash.com/sarah noltner

Tak ada alasan untuk tidak bahagia meski pernikahan yang dijalani akhirnya gagal. Perceraian tetap bisa membuat seseorang bahagia dan nyaman dengan status barunya sebagai janda, duda atau orangtua tunggal.

Kunci bahagia setelah bercerai adalah menerima keadaan dengan lapang dada. Selain itu, usahakan untuk menemukan jati dirimu yang baru dan buat hari-harimu senyaman mungkin. Agar lebih bahagia setelah bercerai, siapapun itu penting untuk lebih bijaksana dalam bersikap dan berperilaku.

Bersedih setelah bercerai sah-saha saja. Namun, pastikan untuk merasa sedih seperlunya saja. Bersedihlah selama yang dirimu butuhkan bukan inginkan. Tak baik untuk berlarut-larut dalam kesedihan. Melansir dari laman theasianparent.com, untuk meredam kesedihan pascabercerai bisa dilakukan dengan melakukan terapi, ambil cuti dari pekerjaan, jalan-jalan, mulailah berkencan dengan orang baru, cobalah untuk melakukan sesuatu yang baru, jangan terlalu memikirkan perceraianmu dan usahakan untuk menikmati hidup sebaik mungkin.

Bahagia atau tidaknya seseorang setelah bercerai, itu semua tergantung dari dirinya sendiri. Selama ia yakin ia bakal lebih bahagia setelah bercerai dan memulai hidup baru, tak ada alasan untuk tak bahagia.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓