Selain Mencegah Kehamilan, Ini 4 Manfaat Konsumsi Pil KB

Mimi Rohmitriasih29 Jul 2019, 14:43 WIB
pil kb

Fimela.com, Jakarta Pil KB (Keluarga Berencana) saat ini masih menjadi alat kontrasepsi pilihan utama masyarakat. Selain cara pemakaiannya mudah, ini juga memiliki tingkat keamanan yang tinggi.

Melansir dari laman hellosehat.com, selain bermanfaat mencegah kehamilan pil KB juga memiliki berbagai manfaat lain buat kesehatan. Pil KB dipercaya mampu mengatasi dan mencegah berbagai gangguan kesehatan lain yang mungkin menyerang tubuh.

Inilah beberapa manfaat lain dari konsumsi pil KB selain mencegah kehamilan.

Manfaat Lain Konsumsi Pil KB

Pil KB
Ilustrasi/copyright pixabay.com/GabiSanda

Menstruasi Lebih Teratur

Manfaat pertama adalah menstruasi lebih teratur. Kandungan vitamin dan nutrisi yang terkandung dalam pil KB bermanfaat mengatur hormon tubuh. Ketika hormon lebih teratur atau terkendali, ini akan membuat siklus menstruasi lebih teratur.

Mencegah Kram Perut dan Migrain Saat Menstruasi

Selain membuat menstruasi lebih teratur, konsumsi pil KB juga bermanfaat mencegah kram perut dan migrain. Bahkan, sakit pinggang dan badan pegal-pegal saat hari-hari menstruasi risiko akan lebih menurun.

Mengatasi Masalah Jerawat

Siapa sangka konsumsi pil KB bisa mengatasi masalah jerawat. Namun inilah kenyataannya. Para ahli percaya jika kandungan nutrisi dalam pil KB yang bermanfaat mengendalikan hormon tubuh bisa bermanfaat mencegah munculnya jerawat selama PMS atau hari-hari biasa. Pil KB yang disetujui oleh Food and Drugs Association (US FDA) dipercaya mampu menjadi obat jerawat.

Menurunkan Risiko Beberapa Jenis Kanker

Penelitian yang dipublikasikan dalam Obstetrics and Gynecology menyebutkan jika pil KB bisa mencegah atau menurunkan risiko beberapa jenis kanker seperti kanker ovarium dan rahim. Pil KB bisa menurunkan risiko beberapa jenis kanker ini hingga 40 sampai 50 persen.

Itulah beberapa manfaat pil KB selain dijadikan alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓