Mengenal 10 Jenis Kerang yang Bisa Dikonsumsi

Mimi Rohmitriasih30 Jul 2019, 13:39 WIB
seafood

Fimela.com, Jakarta Seafood merupakan salah satu makanan yang sangat digemari. Rasanya yang super menggugah selera membuat siapa saja enggan menolak kelezatannya.

Mengenai seafood sendiri ada beragam. Salah satu ragamnya adalah kerang. Ini merupakan hewan bertubuh lunak dengan cangkang yang keras sebagai pelindung tubuhnya. Ada banyak jenis kerang yang bisa kita temukan namun hanya ada beberapa jenis kerang yang bisa dikonsumsi.

Inilah beberapa jenis kerang yang bisa dikonsumsi.

Kerang Hijau sampai Kerang Bambu

kerang
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Kerang Hijau

Kerang hijau memiliki warna kulit cangkang kehijauan. Cangkangnya berbentuk panjang dan melebar. Kerang hijau biasanya diolah dengan bumbu saus padang.

Kerang Darah

Ini merupakan kerang yang banyak terdapat di kawasan Asia lebih tepatnya Asia Timur dan Tenggara. Kerang darah akan berwarna merah jika dibuka cangkangnya. Di masak dengan saus tiram, saus padang, saus tomat atau cukup direbus kerang darah sangat enak.

Kerang Simping

Kerang simping memiliki cangkang yang tipis berwarna putih. Kerang simping memiliki tekstur daging yang sangat lembut dan empuk. Biasanya, kerang simping dimasak dengan dibumbui saus tiram.

Kerang Tahu

Ini merupakan kerang dengan kulit keras dan licin. Ada guratan-guratan hitam keabu-abuan di kulit kerang. Daging kerang lembut dan berwarna putih seperti tahu. Kerang tahu biasanya dimasak menjadi aneka macam masakan khas China.

Kerang Bambu

Kerang bambu memiliki cangkang seperti ruas bambu. Umumnya, kerang bambu sebesar jari orang dewasa. Daging kerang memanjang memenuhi cangkang. Ada beragam masakan lezat yang bisa dibuat dengan bahan utama kerang bambu.

Kerang Kijing sampai Kerang Kampak

kerang
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Kerang Kijing

Kerang kijing disebut juga sebagai kerang remis dan kerang haremis. Kerang ini mirip dengan kerang hijau. Kerang kijing bisa ditemukan di air tawar dan diolah menjadi berbagai masakan lezat saus padang.

Kerang Macan

Kerang macan memiliki cangkang kerang seperti kulit macan tutul. Kerang macan bisa dimasak dengan cara direbus atau disajikan dengan berbagai saus.

Kerang Nenek

Kerang ini memiliki bentuk yang unik seperti siput dengan cangkang runcing memanjang. Biasanya kerang nenek di potong bagian runcing di belakangnya untuk mengeluarkan kotoran dan diolah menjadi berbagai masakan.

Kerang Tiram

Kerang ini memiliki kulit cangkang pipih dan berkapur. Kerang ini disebut juga dengan oyster dan memiliki tekstur daging yang lembut

Kerang Kampak

Kerang kampak disebut juga sebagai scallop. Kerang ini mirip dengan kerang simping dengan cangkang yang lebih tebal dan keras. Kerang kampak bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat.

Itulah beberapa jenis kerang yang bisa dikonsumsi. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓