Punya Teman Baik Lebih Penting Dari Teman yang Banyak, Menurut Penelitian!

Febi Anindya Kirana30 Jul 2019, 17:41 WIB
teman

Fimela.com, Jakarta Banyak orang menganggap bahwa memiliki teman yang banyak merupakan sebuah kelebihan yang tak bisa dimiliki setiap orang. Beberapa orang mungkin bahkan pernah mengatakaan, "Enak ya punya banyak teman". Padahal, sebenarnya punya banyak teman tidak selalu menjadi hal baik.

Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Social Psychiatry and Psychiatric Epidemiology menemukan bahwa kualitas sebuah hubungan pertemanan lebih penting daripada kuantitasnya. Dapat diartikan bahwa punya teman sedikit namun erat dan dekat lebih baik daripada memiliki banyak teman namun palsu dan punya maksud tertentu.

Teman yang Baik lebih Penting daripada Teman yang Banyak

pertemanan
ilustrasi teman/copyright Rawpixel

Penelitian yang juga fokus pada penemuan bahwa merasa kesepian dapat memperpendek usia seseorang ini juga menunjukkan bahwa untuk bisa mendapatkan support sosial dari seseorang, kita sebenarnya tak butuh banyak orang, hanya beberapa saja yang memang paling dekat dan mengenal kita dengan baik.

Jadi, jika orang berpikir bahwa banyak teman justru lebih baik, mereka salah. Belum tentu banyak teman bisa membuatmu tenang, karena bisa jadi mereka mendekatimu karena ada maksud tertentu, bukan murni berteman.

Nah, mulai sekarang jangan anggap remeh pertemanan erat yang kamu miliki ya Sahabat Fimela. Karena ternyata meski sedikit, namun sahabat-sahabat paling dekat justru lebih berharga daripada banyak teman tapi ternyata palsu.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓