Mengapa Pria Berlutut Ketika Melamar? Ternyata Ini Makna dan Sejarahnya!

Febi Anindya Kirana30 Jul 2019, 20:19 WIB
pasangan

Fimela.com, Jakarta Zaman sekarang, ada banyak cara melamar yang dilakukan seorang pria kepada kekasih hatinya. Tapi di antara banyaknya cara unik, manis dan romantis, mungkin kamu tak akan bisa melupakan bahwa ada satu cara melamar yang sangat identik, yaitu dengan berlutut. Para pria yang ingin melamar pacarnya akan berlutut di depan perempuan yang ingin dinikahi sambil membawa kotak cincin.

Hal ini mungkin manis, tapi pernahkah kamu penasaran mengapa pria berlutut ketika melamar kekasihnya? Apakah itu hanya untuk menunjukkan sisi romantis? Ternyata tidak lho. Ada makna dan sejarah yang mendasari mengapa melamar dilakukan dengan cara berlutut. 

Menurut Engagement Ring Bible, tradisi ini sudah ada sejak masa kesatria kerajaan zaman dahulu, yang memiliki sikap berani, sopan santun, dan menghormati secara formal.

Ketika menjalankan tugasnya, ksatria akan berlutut di depan junjungan mereka sebagai wujud rasa hormat, kepatuhan, dan kesetiaan. Cara ini juga merupakan tindakan umum yang dilakukan dalam berbagai upacara keagamaan, tidak terkecuali menikah.

 

Alasan Pria Berlutut saat Melamar

melamar dengan berlutut
Photo by Nathan Dumlao on Unsplash

Ketika seorang pria bermartabat melamar kekasihnya, ia sedang menjanjikan kesetiaan pada perempuan yang ia cintai dan menyatakan bahwa cintanya abadi. Berlutut juga memberi kesan pasrah, tunduk dengan tulus, tanda rasa hormat dan melindungi sepenuh hati.

Bukan hanya itu Sahabat Fimela, berlutut juga bisa memberi makna ia siap berkomitmen dan bertanggung jawab atas sebuah hubungan yang dijalaninya saat ini. Tindakan ini pun terus dilakukan dan menyebar ke berbagai penjuru dunia lintas budaya hingga menjadi sebuah tradisi yang melekat erat dengan pernyataan cinta dan melamar kekasih.

Wah, jadi ternyata seperti itu makna dan sejarah pria yang melamar dengan berlutut di depan kekasihnya. Ternyata unik dan romantis sekali ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓