Mengapa Cincin Pernikahan Disematkan di Jari Manis, Ini Alasannya!

Febi Anindya Kirana30 Jul 2019, 21:41 WIB
cincin

Fimela.com, Jakarta Setiap kali orang melamar kekasihnya, tunangan atau menikah, satu hal yang pasti dilakukan adalah menyematkan cincin di jari manis sebagai ikatan cinta. Terlepas dari kesan romantis dan sakral, pernah bertanya-tanya mengapa harus memasangkan cincin di jari manis, mengapa tidak di jari lainnya?

Ternyata, keputusan memilih jari manis sebagai jari yang dipakaikan cincin ada sejarah dan maknanya lho. Menurut Engagement Ring Bible, dalam kepercayaan Mesir Kuno, jari manis merupakan jari yang menghubungkan pembuluh darah langsung ke jantung.

Secara filosofis, cinta memang dihubungkan dengan jantung. Ketika seseorang merasakan cinta, maka jantung akan berdebar cepat. Jantung juga merupakan organ vital yang menopang kehidupan, dan seperti itu juga simbolisme yang dikaitkan dengan seseorang yang dicintai, sosok yang bagaikan "jantung" sehingga mampu menopang berjalannya sebuah ikatan cinta.

Makna Memasang Cincin di Jari Manis

Cincin Pernikahan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Masyarakat Mesir Kuno mempercayai bahwa ini adalah simbol komitmen kepada orang lain, entah itu dalam hubungan partner bisnis, cinta atau bahkan perbudakan.

Kepercayaan Roma juga meyakini bahwa di jari manis di tangan terdapat pembuluh darah yang menghubungkan ke jantung, yang mana dalam Bahasa Latin disebut vena amoris, yang berarti pembuluh darah cinta.

Nah, jadi kini sudah tahu kan mengapa selalu jari manis yang dipakaikan cincin tanda cinta pernikahan? Ternyata maknanya sangat mendalam ya.

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓