Minum Susu di Malam Hari Bikin Tidur Nyenyak, Ini Penjelasan Ahli

Vinsensia Dianawanti08 Agu 2019, 16:30 WIB
susu

ringkasan

  • Meminum segelas susu sebelum tidur bisa membantu tidur lebih nyenyak
  • Pilihan sajian tergantung pada preferensi masing-masing. Bisa disajikan dalam keadaan panas maupu dingin
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Tidak bisa tidur di malam hari bisa dipengaruhi oleh beragam faktor. Umumnya adalah stres. Ketika pola tidu terganggu otomatis akan menganggu perbaikan sel dalam tubuh.

Untuk mendapatkan kembali tidur yang lebih berkualitas banyak orang yang menyarankan untuk mengonsumsi segelas susu sebelum tidur. Apakah hal tersebut benar adanya? Bagaimana penjelasan ahli soal hal tersebut?

Ditemui dalam sebuah kesempatan, ahli nutiris Emilia Achmadi, MS., RDN membenarkan bahwa meminum segelas susu sebelum tidur akan membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas. Hal ini karena dalam susu terkandung kalsium, magnesium, dan vitmain B Complex yang menstimulasi otot untuk relaksasi.

Efef relaksasi ini akan langsung memengaruhi otot yang tadinya dan membuat sinyal kepada tubuh untuk tidur. Suasana rileks akan bertambah jika susu diminum dalam kondisi hangat. Panaskan susu selama 30 detik dengan suhu 60 derajat celsius. Jangan sampai mendidih karena akan menghilangkan sejumlah nutrisi yang ada pada susu.

 

Bisa diminum baik kondisi panas maupun dingin

susu
ilustrasi susu/copyright Pixabay

Sebenarnya tidak harus hangat, susu dalam kondisi dingin pun bisa diminum untuk membantu tubuh tidur lebih nyenyak. Ini merupakan pilihan orang untuk mengonsumsi susu dengan kondisi tertentu. Hanya saja susu hangat akan memberikan sensasi menenangkan dari segi psikologis.

Memiliki kualitas tidur yang baik adalah keharusan bagi setiap orang. Di malam hari menjadi waktunya tubuh untuk melakukan regenerasi dan perbaikan sel yang rusak. Pada anak-anak, di malam hari ketika mereka tidur menjadi waktu untuk memproduksi hormon pertumbuhan.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓