Cara Mudah Memasak Bihun Agar Tidak Mudah Hancur

Mimi Rohmitriasih03 Agu 2019, 08:58 WIB
bihun

Fimela.com, Jakarta Mie bihun merupakan salah satu bahan makanan yang disukai banyak orang. Rasanya yang gurih khas dan teksturnya yang lembut membuat bihun cocok dimasak kuah atau pun tumis.

Mie bihun merupakan mie yang terbuat dari tepung beras dan berwarna putih bening. Dibandingkan dengan mie kuning, mie bihun lebih kenyal dan lembut. Karena teksturnya yang lembut, mie bihun cenderung mudah hancur saat dimasak.

Ketika kita memasak mie bihun kita harus pandai-pandai dan hati-hati dalam memasaknya. Bagaimana cara memasak mie bihun yang benar? Simak caranya yang berikut ini dilansir dari laman resepkoki.com.

Cara Memasak Bihun

Bihun
Bihun/copyright: shutterstock
  1. Saat membeli bihun, pastikan untuk membeli bihun yang berkualitas. Beli mie bihun yang masih baru, tidak hancur dan layak konsumsi. Beli bihun yang masih dalam kemasan bagus.
  2. Setelah bihun dibeli dan siap diolah, rendam bihun di dalam air dingin. Rendam dalam air di waktu yang cukup lama yakni sekitar 30 - 45 menit. Jika khawatir bihun tak mudah mengembang serta empuk, dirimu bisa merendam bihun dalam air hangat di waktu yang cukup singkat.
  3. Segera angkat dan tiriskan bihun dari wadah rendaman jika bihun sudah empuk. Teteskan minyak sayur atau minyak wijen secukupnya untuk membuat bihun tak menggumpal antara satu dan lainnya.
  4. Saat memasak bihun, masak bumbu hingga harum dan matang. Baru setelah itu masukkan bihun ke dalam bumbu, segera aduk rata.
  5. Memasak bihun sebaiknya menggunakan api sedang dan dilakukan di waktu yang singkat saja. Memasak bihun dengan api besar terlalu lama akan membuat bihun cepat matang, menggumpal atau sebaliknya yakni hancur.

Itulah cara memasak bihun agar tidak mudah hancur. Selamat mencoba cara ini dan buat menu masakan bihun yang paling lezat untuk keluarga di rumah ya.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓