Sukses

Lifestyle

Daerah Berpotensi Tsunami Status Siaga dan Waspada Usai Gempa Banten

Fimela.com, Jakarta Gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,4 di Sumur, Banten juga terasa kencang di Jakarta dan sekitarnya pada pukul 19.03 WIB. Peringatan dini tsunami ke-1 pun dikeluarkan BMKG untuk wilayan Banten, Bengkulu, Jawa Barat, dan Lampung pada pukul 19.07 mengutip dari inatews.bmkg.go.id.

Gempa berpusat di 7.54LS,104.58 BT, (147 km barat daya Sumur, Banten) dengan kedalaman 10 km. Tiga daerah berstatus siaga yang disebutkan BMKG adalah Pandeglang bagian Selatan (Banten), Pandeglang Pulau Panaitan (Banten), dan Lampung-Barat Pesisir-Selatan (Lampung).

Sementara daerah yang berstatus Waspada adalah Pandeglang Bagian Utara (Banten), Lebak (Banten), Tanggamus (Pulau Tabuan) Lampung, Sukabumi Ujung-Genteng (Jabar), Tanggamus Bagian Timur (Lampung), Lampung-Selatan Kep. Krakatau (Lampung), Lampung-Selatan Kep. Legundi (Lampung).

Status siaga lainnya berada di Lampung Barat-Pesisir Tengah (Lampung), Lampung-Barat Pesisir Utara (Lampung), Bengkulu-Utara Pulau Enggano (Bengkulu), Kaur (Bengkulu), Lampung Selatan Kepulauan Sebuku (Lampung), Bengkulu Selatan (Bengkulu, Serang Bagian Barat (Banten), dan Seluma (Bengkulu).

 

Tetap Tenang dan Monitoring

Imbauan bagi kamu yang berada pada status Siaga adalah memperhatikan arahan untuk melakukan evakuasi. Sementara status Waspada diharapkan memperhatikan arahan dan segera menjauhi pantai dan tepian sungai.

Untuk diketahui, daerah dengan status Siaga berpotensi memiliki ketinggian gelombang tsunami maksimal 3 meter, sementara status Waspada, ketinggian maksimum gelombang tsunami mencapai 0,5m. BMKG mengimbau bagi warga untuk tetap tenang dan memonitor info resmi agar terhindar dari hoax. 

 

Simak video berikut ini

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading