Kata Ahli, Ini Waktu Terbaik untuk Pergi Tidur

Annissa Wulan07 Agu 2019, 17:30 WIB
Ilustrasi tidur

Fimela.com, Jakarta Semua orang melakukan tidur, namun apakah semua orang melakukannya dengan benar? Menurut National Sleep Foundation, orang dewasa seharusnya tidur antara 7 sampai 9 jam setiap malam.

Efek dari kurang tidur bisa menjadi serius daripada rasa lelah di hari berikutnya. Banyak penelitian mengaitkan kurang tidur dengan peningkatan stres, gangguan kognitif, tekanan darah tinggi, dan makan secara berlebihan.

Dilansir dari purewow.com, Selasa (6/8/2019), cara paling logis untuk menentukan waktu terbaik tidur adalah dengan memikirkan kapan kamu harus bangun untuk bekerja, membangunkan anak- anak, atau apapun yang akan kamu lakukan di pagi harinya. Hitunglah dari sana.

Menurut para peneliti dari University of Cambridge, kebanyakan orang membutuhkan waktu antara 5 sampai 20 menit untuk tidur, jadi hitung mundur untuk menentukan waktu terbaik tidur. Contohnya, jika kamu harus bekerja pada jam 9 pagi dan kamu butuh 2 jam untuk bersiap-siap, serta perjalanan, setidaknya pergi tidur di jam 9.40 malam.

Menentukan waktu tidur terbaik

[Fimela] Kurang Tidur
Ilustrasi kurang tidur | unsplash.com

Waktu tidur memang bukan faktor terpenting, namun ini salah satu cara untuk memastikan kamu mendapatkan waktu yang cukup untuk istirahat dan menaati jadwal yang ada. Tips lain, jika kamu bangun lebih awal dari jam alarm, kamu boleh tidur sedikit lebih terlambat di malam harinya.

Sebaliknya, jika kamu terjaga hingga melebih waktu tidur yang seharusnya, cobalah untuk tidur lebih awal di kemudian harinya. Setelah kamu menemukan waktu yang sesuai, lakukan setiap hari, bahkan di akhir pekan.

Masih sulit tidur lebih awal? Para ahli percaya bahwa menulis dengan pena dan kertas bisa membantu, menjaga makanan yang dikonsumsi, dan waktu makan, setidaknya beri waktu 2 jam sebelum tidur untuk makan. Selamat mencoba!

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓