Mitos Seputar Tidur yang Masih Banyak Dipercaya Orang

Nabila Mecadinisa12 Agu 2019, 20:30 WIB
Mitos Seputar Tidur yang Masih Banyak Dipercaya Orang

Fimela.com, Jakarta Tidur merupakan proses yang diperlukan tubuh. Jika saat masa kanak-kanak kita sering menolak untuk tidur, namun semakin dewasa tidur akan semakin sulit. Banyak orang dewasa yang mengalami masalah tidur di mana ia tidak bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Oleh sebab itu, ragam upaya dilakukan demi mengoptimalkan tidur agar lebih maksimal.

Berbicara mengenai tidur, banyak mitos yang hingga kini masih dipercaya. Padahal, mitos tersebut belum tentu benar. Penasaran apa saja? Simak selengkapnya berikut ini.

Mitos 1: Mematikan AC di mobil dapat membuat kita tidak ketiduran selama menyetir

Fakta: Ternyata hal ini persepsi yang salah. Justru mematikan AC selama berkendara sangat membahayakan tubuh karena asupan oksigen yang kurang dan membuat tubuh jadi tidak responsif. Jadi saat benar-benar ngantuk saat seddang berkendara, lebih baik menepi terlebih dahulu dan lakukan power nap selama beberapa menit.

Mitos 2: Saat tidur, otak tidak bekerja

Fakta: Saat tidur, tubuh memang beristirahat, namun otak tetap aktif, recharge kembali dan mengontrol fungsi tubuh agar bekerja sebagaimana seharusnya.

Mitos seputar tidur

Mitos Seputar Tidur yang Masih Banyak Dipercaya Orang
Sejumlah fakta terungkap dari mitos tidur yang banyak dipercaya orang

Mitos 3: Jangan pernah membangunkan sleepwalker

Fakta: Seseorang yang mengalami sleepwalker tentu berada dalam kondisi membahayakan, jadi untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, membangunkannya segera adalah hal yang tepat.

Mitos 4: Kamu bisa membayar kekurangan tidur saat weekend

Fakta: Walaupun terdengar logis, namun sebuah studi menyatakan bahwa memaksimalkan tidur saat weekend tidak akan membayar efek buruk dari kekurangan tidur yang kamu alami sepanjang weekdays. Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah membuat jadwal tidur yang konsisten agar tubuh mendapati waktu tidur yang cukup.

Mitos 5: Mendengkur tidak berbahaya

Fakta: Bagi beberapa kasus, mendegkur bisa menjadi pertanda dari masalah tidur yang cukup serius. Jadi, ada baiknya untuk cek ke dokter penyebab dari mendengkur yang terjadi.

 

Lanjutkan Membaca ↓