5 Olahan Daging Kambing Enak yang Tahan Lama Tak Mudah Basi

Mimi Rohmitriasih05 Agu 2019, 12:56 WIB
Diperbarui 05 Agu 2019, 12:56 WIB
dendeng kambing

Fimela.com, Jakarta Umat muslim di seluruh dunia beberapa hari ke depan akan merayakan Hari Raya Idul Ahda atau Hari Raya Lebaran Haji. Di hari raya tersebut, salah satu hal yang paling identik adalah ibadah haji dan menyembelih hewan kurban.

Banyak orang yang akan menyembelih hewan kurban kemudian membagi-gaikannya ke sesam yang membutuhkan. Tak sedikit orang di hari raya ini yang memiliki stok daging kambing maupun sapi dengan jumlah berlimpah. Hampir semua umat muslim juga berkesempatan mengolah daging kurban.

Bicara mengenai olahan daging, kali ini Fimela punya beberapa inspirasi daging kambing enak yang bisa disimpan dalam waktu lama. Olahan daging kambing tak mudah basi meski disimpan hingga 2 hari bahkan lebih. Berikut inspirasi olahan daging kambing yang bisa disimpan dalam waktu lama.

Rendang, Dendeng dan Abon

rendang
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Rendang

Olahan pertama dari daging kambing adalah rendang. Rendang tak hanya memiliki rasa yang menggugah selera tetapi juga bisa disimpan dalam waktu lama. Rendang sendiri ada dua macam yakni rendang basah dan rendang kering.

Dendeng

Dendeng juga menjadi salah satu olahan daging kambing yang bisa disimpan dalam waktu lama. Dendeng juga termasuk olahan daging kambing yang tak mudah basi. Jika ingin memasak daging kambing dan menyimpannya dalam waktu cukup lama, dendeng bisa jadi pilihan utama.

Abon

Daging kambing juga bisa diolah menjadi abon. Tak hanya enak, menu masakan satu ini juga sangat mungkin disimpan dalam waktu lama. Abon yang dibuat hingga kering bahkan bisa disimpan dalam waktu lama di dalam suhu ruang atau tanpa masuk lemari es.

Empal Gepuk dan Serundeng Kambing

empal gepuk
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Empal Gepuk

Daging kambing bisa diolah menjadi empal gepuk yang enak. Menu masakan satu ini juga bisa disimpan untuk waktu lama.

Daging Kambing Serundeng

Menu selanjutnya dari daging kambing yang bisa disimpan dalam waktu lama adalah daging kambing serundeng. Olahan ini memiliki cita rasa yang super menggugah selera dan sangat cocok disajikan bersama sambal juga nasi putih panas.

Itulah beberapa olahan daging kambing yang bisa disimpan untuk waktu cukup lama. Jika disimpan di suhu ruangan, olahan di atas bisa bertahan hingga dua hari. Namun jika disimpan di lemari es dan dipanaskan kembali sebelum dikonsumsi, olahan di atas bisa bertahan setidaknya hingga satu minggu. Selamat menanti datangnya Idul Adha bagi yang merayakannya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓