Tips Menyimpan Ikan Teri Kering Agar Tahan Lama dan Tidak Bau

Mimi Rohmitriasih11 Agu 2019, 14:15 WIB
ikan teri

ringkasan

  • Simpan Ikan Teri di Suhu Ruangan
  • Sesekali Jemur Ikan Teri
  • Pastikan Tangan Kering Saat Mengambil Ikan Teri
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Ikan teri kering merupakan salah satu bahan makanan sederhana yang ternyata banyak penggemarnya. Ikan teri yang dimasak sambal atau dibuat sebagai campuran memasak sayur nangka muda akan membuat siapa saja tak bisa menolak kelezatannya.

Ikan teri juga termasuk sebagai bahan makanan dengan harga cukup terjangkau. Tak heran jika tidak sedikit perempuan yang menyimpan stok bahan ini dengan jumlah banyak di rumah. Ikan teri juga termasuk bahan makanan yang bisa disimpan dalam waktu lama.

Jika Sahabat Fimela punya stok ikan teri kering yang banyak, perhatikan cara menyimpan ikan teri tersebut agar lebih tahan lama dan tak bau. Berikut caranya.

Cara Menyimpan Ikan Teri Kering

ikan teri
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Simpan Ikan Teri di Suhu Ruangan

Simpan ikan teri di suhu ruangan. Ikan teri yang telah kering bisa disimpan di wadah makanan kemudian letakkan di meja atau rak dapur. Ikan teri kering tak perlu disimpan di lemari es karena ini justru akan merusak kualitas ikan teri. Ikan teri yang disimpan di lemari es juga akan membuat lemari es jadi bau.

Sesekali Jemur Ikan Teri

Usahakan untuk menjemur ikan teri sebelum disimpan atau di saat proses penyimpanan. Menjemur ulang ikan teri ini bermanfaat membuat ikan teri jauh lebih kering dan lebih awet meski disimpan di waktu lama.

Simpan di Tempat Kering dan Bersih

Pastikan untuk menyimpan ikan teri kering di tempat yang kering dan bersih. Jauhkan ikan teri dari bahan makanan lain dengan bau menyengat, lembab dan cepat busuk. Sebaiknya ikan teri disimpan di wadah terpisah dari bahan makanan lainnya.

Pastikan Tangan Kering Saat Mengambil Ikan Teri

Ketika mengambil ikan teri dari tempat penyimpanannya, pastikan bahwa tanganmu kering dan bersih. Kondisi tangan yang basah sangat memungkinkan membuat ikan teri jadi lembab. Jika ikan teri lembab, ini akan membuatnya lebih mudah rusak.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyimpan ikan teri kering agar lebih awet dan tahan lama. Semoga tips dapur ini bermanfaat dan selamat mencoba.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓