Sudah Tidur Cukup tapi Masih Mengantuk di Siang Hari, Kenali 3 Penyebabnya

Endah Wijayanti06 Agu 2019, 14:56 WIB
masih mengantuk

Fimela.com, Jakarta Kesibukan dan rutinitas yang padat memang jadi tantangan tersendiri untuk bisa mendapat istirahat yang cukup setiap harinya. Tapi bagaimana bila kita sudah berusaha mendapatkan tidur yang cukup tapi tetap gampang capek dan mengantuk pada siang hari? Di antara kita mungkin juga ada yang sedang mengalami kondisi ini. Kira-kira apa sebabnya, ya?

Penyebabnya bisa karena sejumlah faktor. Dilansir dari shesaid.com, ada tiga kemungkinan yang bisa jadi penyebab kita masih gampang capek dan mengantuk di siang hari padahal sudah cukup tidur. Selengkapnya, mari simak di sini.

Gangguan Tiroid

Hipotiroidisme adalah suatu kelainan pada kelenjar tiroid yang mengakibatkan kelenjar tersebut tak dapat menghasilkan hormon dalam jumlah yang cukup. Bagi sebagian besar perempuan, masalah hormon bisa jadi penyebab gampang capek. Gangguan tiroid bisa mengganggu keseimbangan tubuh kita, termasuk memengaruhi kadar energi dalam tubuh dan menyebabkan kita gampang capek. Bila kita sering merasa kedinginan padahal suhu sedang hangat dan mengalami kerontokan rambut serta susah menurunkan berat badan, ada baiknya untuk segera berkonsultasi ke dokter.

 

Gangguan Kesehatan Mental

Ilustrasi
Ilustrasi.

Gangguan kesehatan mental seperti depresi bisa menyebabkan tubuh gampang capek. Penderita mungkin akan mengalami kesulitan tidur atau bahkan kebanyakan tidur tapi sulit bangun pagi. Pikiran yang dipenuhi rasa cemas juga bisa menyebabkan kita kelelahan pada siang hari meski sudah mendapat tidur cukup pada malam hari. Hal ini karena kecemasan yang berlangsung lama membuat tubuh tertekan karena produksi adrenalin yang terus menerus sementara otak kita menangkapnya sebagai sinyal rasa takut. Gangguan kesehatan mental memang bisa memperburuk kondisi kelelahan yang dialami oleh tubuh kita.

Anemia

Salah satu kemungkinan terbesar yang menjadi penyebab tubuh kita gampang lelah adalah karena anemia. Anemia merupakan sebuah kondisi saat tubuh kekurangan sel darah yang mengandung hemoglobin untuk menyebarkan oksigen ke seluruh organ tubuh. Penderita anemia umumnya akan merasa letih dan lelah, sehingga tak mampu melakukan aktivitas secara optimal. Kekurangan vitamin, riwayat keluarga, pola makan buruk, dan konsumsi obat-obatan tertentu bisa jadi penyebab anemia. Bila gejalanya juga disertai dengan kulit pucat atau kekuningan, sesak napas, dan pusing, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Tiga kondisi di atas merupakan penyebab umum yang membuat kita merasa gampang capek meski sudah mendapat tidur yang cukup. Bila kondisi mudah lelah berlangsung terus menerus dan disertai gejala gangguan kesehatan lain, jangan ragu untuk segera mencari bantuan ke dokter, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓