4 Tips Membuat Bakso Sapi Bertekstur Halus

Endah Wijayanti08 Agu 2019, 08:45 WIB
tips membuat bakso

ringkasan

  • Pilih Daging Segar
  • Semua Bahan Adonan Diproses Sampai Halus
  • Gunakan Cara Tepat dalam Membulatkan Adonan
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Bakso buatan sendiri pastinya bisa lebih nikmat rasanya. Kita bisa menggunakan bahan-bahan terbaik untuk mendapatkan bakso yang sesuai selera. Bagi penggemar bakso sapi bertekstur halus, kini saatnya untuk mencoba membuat sendiri di rumah.

Untuk membuat bakso sapi bertekstur halus, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Mulai dari pemilihan daging hingga dalam proses pembuatan adonannya. Selengkapnya langsung saja simak di sini, ya.

1. Pilih Daging Segar

Sanga disarankan untuk memilih daging segar yang masih berwarna merah cerah. Dengan daging yang segar, nanti kita bisa mendapatkan rasa, aroma, dan tekstur bakso yang lezat. Selain itu, pilih daging yang bebas lemak agar nanti bisa menghasilkan tekstur yang lembut dan mudah dibentuk.

2. Semua Bahan Adonan Diproses Sampai Halus

Ini juga jadi salah satu kunci penting untuk membuat bakso yang bertekstur halus. Pastikan semua bahan adonan diproses sampai halus. Daging dipotong kecil-kecil, semua bahan bumbu dicincang halus, dan juga jangan lupa pakai es batu untuk mendapatkan hasil bakso yang lebih kenyal. Kita bisa menggunakan food processor untuk mencampur semua bahan hingga halus.

3. Gunakan Cara Tepat dalam Membulatkan Adonan

Kita bisa cukup menggunakan tangan atau dengan bantuan sendok untuk membulatkan bakso. Panaskan air dalam panci sampai mendidih. Setelah air mendidih, kita barus bisa memasukkan bulatan bakso ke dalamnya. Bila bakso sudah terapung, kita bisa langsung mengangkatkanya.

4. Gunakan Api Kecil Saja

Bila kita menggunakan air rebusan yang terlalu meletup-letup, nantinya dikhawatirkan hasilnya bakso tidak bisa matang sempurna hingga bagian tengahnya. Disarankan untuk menggunakan api kecil saja supaya nanti bakso yang direbus bisa matang sempurna.

Itu tadi beberapa tips dasar yang bisa dicoba untuk membuat bakso yang lembut. Semoga bermanfaat, ya.

 

 

#GrowFearkess with FIMELA