Tips Merebus Iga agar Daging Mudah Lepas dari Tulang

Endah Wijayanti08 Agu 2019, 11:36 WIB
tips merebus iga

Fimela.com, Jakarta Daging iga kambing atau iga sapi bisa diolah dengan berbagai macam cara. Mulai dari dipanggang hingga direbus. Dalam proses perebusan, umumnya kita ingin mendapatkan daging iga yang empuk dan mudah lepas dari tulang. Tapi proses perebusan yang bagaimana ya agar bisa mendapat daging iga yang empuk dan mudah lepas dari tulang?

Sangat disarankan untuk memilih iga yang segar. Iga yang segar ditandai dengan warnaya yang masih merah segar serta masih memiliki lemak putih pada dagingnya. Teksturnya juga masih empuk dan cukup kenyal. Untuk merebus iga, berikut tips yang bisa dicoba.

Gunakan Air Mendidih

Iga perlu dicuci bersih terlebih dahulu. Kemudian, siapkan air mendidih di panci. Masukkan iga ke dalam air mendidih, lalu masak sebentar. Bila buih dan kotorannya mulai mengapung ke permukaan, kita perlu mengambil dan membuangnya. Setelah itu, air rebusan bisa dibuang dan iga kembali dicuci bersih. Kita bisa merebusnya kembali sampai benar-benar empuk atau langsung mengolahnya dengan aneka bumbu untuk membuat sup atau gulai.

Pakai Api Kecil Saja

iga kambing
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Bila kita langsung menggunakan api besar dalam proses perebusan, nantinya daging iga akan alot. Gunakan api kecil saja. Kita bisa menggunakan panci biasa atau panci presto. Bila ingin proses matangnya lebih cepat kita bisa menggunakan panci presto. Menggunakan panci presto adalah salah satu pilihan terbaik agar daging cepat empuk dan mudah lepas dari tulangnya.

Untuk membuat sup iga atau gulai iga yang nikmat, proses perebusan perlu dilakukan dengan tepat. Semoga infonya bermanfaat, ya.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓