Suka Menghindar Saat Ada Masalah Akan Perbesar Risiko Cerai

Febi Anindya Kirana08 Agu 2019, 13:06 WIB
perceraian

Fimela.com, Jakarta Munculnya masalah di dalam pernikahan adalah hal yang biasa, yang tidak biasa adalah bagaimana cara setiap pasangan menikah menghadapi masalah tersebut. Beberapa pasangan mungkin ada yang lebih suka menyelesaikan masalah secepat mungkin dan ada juga pasangan yang suka menghindar saat ada masalah. Jenis kedua inilah yang berbahaya.

Sebuah penelitian tahun 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Marriage and Family menemukan bahwa suami-suami yang menghindar saat ada masalah dengan istrinya diprediksi memiliki risiko lebih besar mengalami perceraian.

Penyebab Perceraian

Perceraian
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Peneliti melakukan interview terhadap 350 pasangan pengantin baru untuk mengetahui apa penyebab masalah yang sering muncul dalam pernikahan, dan 'silent treatment' semacam itu hanya akan memperparah keadaan dan memperburuk hubungan cinta.

Bukan hanya itu, penelitian tahun 2014 yang dimuat dalam jurnal Communication Monographs, juga menyebutkan bahwa pasangan menikah yang salah satu pihaknya memilih diam tak mau membicarakan masalah yang sedang mereka dihadapi cenderung tidak bahagia dalam hubungan cinta tersebut.

Jadi, jika ada masalah dalam rumah tangga, bicarakan dan selesaikan bersama Sahabat Fimela, jangan menghindar atau malah diam.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓