Bahaya, Tunjukkan Cinta Berlebihan Justru Memicu Perceraian!

Febi Anindya Kirana08 Agu 2019, 14:04 WIB
perceraian

Fimela.com, Jakarta Jatuh cinta memang bisa membuat orang berbeda, salah satunya adalah menunjukkan rasa cintanya pada pasangan. Hal ini tentu wajar dilakukan, karena rasa cinta diperlukan untuk menjaga pernikahan yang awet. Tapi jika dilakukan secara berlebihan, ternyata menyimpan bahaya.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Interpersonal Relations and Group Processes tahun 2001 menunjukkan bahwa pasangan yang bercerai setelah 7 tahun atau lebih ternyata semasa pernikahannya sering menunjukkan rasa cinta yang berlebihan.

Cinta Berlebihan = Penyebab Perceraian

pernikahan
ilustrasi cinta/Photo by Diego Rezende from Pexels

Psikolog Ted Huston yang memperhatikan 168 pasangan menikah selama 13 tahun mengetahui bahwa pasangan yang semasa menikah menunjukkan cinta biasa saja justru memiliki pernikahan yang lebih bahagia seiring berjalannya waktu.

Seperti dikatakan Aviva Patz dalam Psychology Today bahwa pasangan menikah yang terlalu manis romantis bagai film di awal-awal menikah seperti justru lebih rentan mengalami perceraian dibanding yang cintanya biasa saja yang justru lebih menjanjikan.

Jadi, bisa dibilang jatuh cinta dan kasmaran itu boleh, tapi sebaiknya jangan berlebihan, apalagi sering menunjukkan di depan umum.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓