5 Tips Mengelola Stres di Tempat Kerja Secara Efektif

Annissa Wulan10 Agu 2019, 14:00 WIB
stres

Fimela.com, Jakarta Stres merupakan satu hal yang tak terhindarkan, terutama di tempat kerja. Tempat kerja mungkin menjadi tempat yang paling membuat seseorang menjadi rentan terhadap stres, entah karena tenggat waktu pekerjaan yang menipis atau pekerjaan yang tak kunjung ada habisnya.

Jika kamu sedang mengalami stres di tempat kerja, mengatasinya dengan cara yang tidak tepat akan menyebabkan hasil yang lebih buruk, tidak hanya untuk diri sendiri, namun juga perusahaan tempatmu bekerja. Dilansir dari purewow.com, Sabtu (10/8/2019), berikut ini adalah beberapa tips mengelola stres di tempat kerja secara efektif.

1. Memberi saran untuk diri sendiri

Pertama, kenali batasan dirimu sendiri. Jika batasan ini didorong, biasanya kamu akan merasakan sakit.

Setelah kamu menemukan titik sakit ini di tempat kerja, cara tahu apa yang inginkan untuk membuat perubahan, kemudian pikirkan cara untuk merealisasikan perubahan tersebut. Mulailah dengan meminta pendapat dari rekan kerja, ia mungkin orang yang paling bisa melihat bagaimana kamu bekerja selama ini, dan hal ini jika dilakukan secara rutin dapat membantumu dalam jangka panjang.

2. Istirahat atau liburan

Berhentilah duduk di meja sepanjang hari, bangun, dan regangkan kakimu. Atau yang lebih baik lagi, ambilah cuti liburan.

Yang paling sederhana, kamu bisa memasang pengingat di ponsel setiap satu jam sekali untuk mengambil napas dalam-dalam, minum air, meregangkan badan, berjalan-jalan, dan mengobrol dengan teman. Selama masa istirahat ini, coba asah apa yang kamu rasakan secara fisik dan emosional.

Jika setelah dirasakan, kamu ternyata kewalahan, cobalah beristirahat lebih lama. Namun, jangan pernah mengabaikan manfaat dari liburan untuk menghilangkan stres.

 

Melakukan perawatan diri di luar jam kerja

Ilustrasi stres
Ilustrasi stres. Sumber foto: unsplash.com/Jeshoots.

3. Merawat diri di luar jam kerja

Apapun itu, entah mengambil kelas yoga atau sekedar mendengarkan musik, rawatlah dirimu di luar jam kerja. Merawat diri akan membuatmu menjadi sosok yang lebih baik, bukan hanya di tempat kerja, namun juga di rumah untuk keluarga.

4. Bernapas

Tekniknya dikenal sebagai pernapasan mondar mandir. Teknik ini dapat membantu menurunkan kecemasan dan menghilangkan respon stres, sehingga kamu bisa berpikir jernih dan merespon dengan lebih bijak.

Berikut ini adalah cara melakukannya, buang napas perlahan selama empat detik, tarik napas perlahan selama empat detik, tahan napas selama empat detik, dan buang napas lagi selama empat detik. Sudah pernah coba cara ini?

5. Menyiapkan tempat kerja yang nyaman

Kamu mungkin tidak bisa menyingkirkan petugas kebersihan yang menjengkelkan di kantor, namun kamu bisa mengatur ulang tempat kerjamu menjadi tempat yang lebih nyaman. Kamu bisa membeli bunga segar atau sekedar mengenakan selendang cantik untuk melindungi tubuh dari dinginnya AC ruangan.

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓