Pengganti Kopi, Teh CTC Jadi Minuman Anti Kantuk yang Lebih Sehat

Vinsensia Dianawanti10 Agu 2019, 13:00 WIB
Pengganti Kopi, Teh CTC Jadi Minuman Anti Kantuk yang Lebih Sehat

ringkasan

  • Selain kopi, kamu bisa konsumsi teh CTC untuk mengatasi rasa kantuk
  • Teh yang diproses dengan metode Cut, Tear, and Curl memiliki kandungan kafein yang setara bahkan melebihi kopi
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Ketika mengantuk, umumnya seseorang akan langsung beralih meminum kopi. Kafein yang terdapat dalam kopi menghambat reseptor adenosin yang membuat kamu lebih berenergi dan merasa lebih bersemangat. Namun apakah kopi bisa digantikan oleh teh?

Jawabannya adalah bisa. Salah satu jenis teh yang bisa menggantikan kopi adalah Teh CTC. Ya! Teh CTC menggunakan metode Cut, Tear, and Curl dalam proses pengolahannya. Sehingga memiliki tingkat kafein yang setara bahkan melebihi kopi. Teh inipun dibuat oleh orang Inggris untuk menggantikan kopi maupun teh orthodox.

Menurut Jerry Singh selaku CEO Chaiholics, biasanya Ortodox Tea atau teh murni hanya bisa diminum oleh kalangan tertentu. Pembuatannya yang dilakukan secara manual dan menggunakan tangan, membuat teh ini dijual dengan harga yang sangat tinggi. Sehingga hanya digunakan oleh para bangsawan.

 

Bisa dicampur dengan susu, madu, dan gula

Kemudian masyarakat Inggris menemukan alternatif teh ortodox dengan membuat teh CTC ini. Teknik yang digunakan untuk mengolah teh adalah dengan menggilingnya menjadi berbentuk gumpalan. Kemudian diberik berbagai macam varian rasa dari berbagai rempah, seperti serai, jahe, cokelat, dan kapulaga.

Teh CTC pun diproses secara otomati oleh mesin. Ini merupaka salah satu faktor teh ini dijual dengan harga yang terjangkau. CTC Tea merupakan teh yang berasal dari proses mesin otomatis. Tak heran jika dari segi warna dan rasa, teh CTC memiliki warna yang lebih gelap dan rasa yang lebih tebal.

Kehadiran teh CTC bisa dijadikan sebagai alternatif minum kopi. Dinilai lebih sehat karena mengandung antioksidan yang lebih kaya. Bisa ditambahkan susu, gula, maupun madu untuk menambah ketebalan dan kekayaan rasa.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓