4 Tips Merebus Buntut Sapi agar Empuk

Endah Wijayanti09 Agu 2019, 11:15 WIB
sop buntut

ringkasan

  • Hilangkan Bagian Lemak
  • Cuci dengan Air Panas
  • Dua Kali Proses Perebusan
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Buntut sapi bisa diolah jadi berbagai hidangan lezat. Salah satu yang paling populer adalah diolah menjadi sop buntut. Hanya saja terkadang saat mengolahnya kita kesulitan mendapatkan buntut rebus yang empuk.

Agar buntut sapi bisa empuk saat direbus, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Sebenarnya tidak terlalu sulit, kok. Selengkapnya langsung saja simak infonya di bawah ini.

Hilangkan Bagian Lemak

Buntut sapi perlu dibersihkan terlebih dahulu. Hilangkan bagian lemaknya dengan menggosok-gosoknya di bawah air mengalir. Bersihkan lemak yang masih tertinggal dengan menggunakan pisau. Buntut sapi yang bersih dan bebas lemak ini nantinya bisa digunakan untuk menghasilkan sop buntut dengan kuah yang lebih bening.

Cuci dengan Air Panas

Buntut sapi yang sudah dibersihkan dan dihilangkan bagian lemaknya bisa dicuci dengan air panas sebagai proses terakhir pembilasan. Buntut sapi yang sudah benar-benar bersih setelah dicuci dengan air panas bisa langsung kita rebus.

 

Dua Kali Proses Perebusan

sup tulang sapi
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Sangat disarankan untuk merebus buntut sapi dua kali. Proses perebusan pertama berfungsi untuk menghilangkan bau prengsi. Dalam proses ini, didihkan air yang sudah diisi daun salam, daun jeruk, dan jahe. Setelah direbus selama 15 menit, air rebusan bisa dibuang. Lalu, lanjut ke proses perebusan kedua. Dalam proses perebusan kedua, air yang baru dididihkan. Kemudian masukkan buntut sapi. Di sini kita juga bisa memasukkan aneka bumbu sesuai dengan resep dan hidangan yang ingin kita buat.

Direbus dengan Api Kecil selama 8 Jam

Bila kita tak memiliki panci presto, kita bisa menggunakan panci biasa untuk merebus buntut sapi. Gunakan api kecil saja untuk merebus agar daging tidak menciut dan bisa menjadi lebih empuk. Biasanya butuh waktu sekitar 8 jam untuk merebus buntut sapi sampai benar-benar empuk. Dalam proses perebusan ini kita bisa saja mengganti airnya sesuai dengan kebutuhan, mungkin dua kali atau tiga kali.

Buntut sapi yang sudah direbus bisa diolah sesuai selera dengan lebih mudah. Kita bisa menggorengnya, membakarnya, atau langsung mengolahnya menjadi sup. Semoga info ini bermanfaat, ya. Selamat memasak!

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓