4 Tips Membuatnya Mau Berbicara Lebih Terbuka Padamu

Endah Wijayanti09 Agu 2019, 12:17 WIB
tips bahagia pasangan

ringkasan

  • Berbagi Hal-Hal yang Disukai pada Satu Sama Lain
  • Mengobrolkan Persamaan yang Dimiliki
  • Merencanakan Masa Depan Bersama
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Pasangan kita memiliki kepribadian dan karakternya sendiri. Penting dalam sebuah hubungan untuk bisa saling mengerti dan saling memahami satu sama lain. Memang mungkin akan sulit dilakukan, tapi selama bisa terus menjaga komitmen memelihara keutuhan hubungan bersama maka hambatan yang ada pasti bisa diatasi.

Bila pasangan kita cenderung tertutup atau sulit untuk terbuka dalam berkomunikasi, kita perlu mengambil inisiatif untuk membuatnya lebih terbuka. Tentu saja tanpa harus dengan paksaan atau malah menghakiminya. Bagaimana pun keterbukaan dengan pasangan dalam berkomunikasi sangatlah penting untuk hubungan yang harmonis.

1. Berbagi Hal-Hal yang Disukai pada Satu Sama Lain

Kita bisa lebih dulu membuka obrolan mengenai hal-hal yang kita sukai dari pasangan. Kita bisa mengungkapkan kelebihan pasangan yang menjadi hal-hal yang paling kita sukai. Setelah itu, kita pancing ia mengutarakan isi hatinya. Buat dia mau berbagi perasaan dengan mengungkapkan hal-hal yang ia sukai dari kita.

2. Mengobrolkan Persamaan yang Dimiliki

Di antara banyaknya perbedaan yang ada, pasti ada persamaan yang dimiliki. Dari sini kita bisa membuat topik obrolan baru dari persamaan yang ada. Seseorang akan lebih mudah bicara bila topik obrolannya sangat dikuasai atau dipahaminya. Bahkan dari sini kita bisa mendapatkan berbagai topik obrolan lain yang lebih menarik.

 

3. Merencanakan Masa Depan Bersama

pasangan cinta
ilustrasi pasangan/copyright Shutterstock

Menjalani sebuah hubungan sudah semestinya juga diikuti dengan komitmen membangun masa depan bersama. Coba ajak dia untuk membuat perencanaan masa depan bersama. Semua hal yang sekiranya akan dilakukan bersama perlu dibicarakan dan diobrolkan. Saling bertukar pikiran dan berbagi harapan juga bisa membuat komunikasi lebih nyaman.

4. Hindari Terlalu Sering Menyela Pembicaraannya

Saatnya untuk menjadi pendengar yang lebih baik. Sebaiknya tak terlalu sering menyela pembicaraannya. Saat dia berbicara, dengarkan dengan sepenuh hati. Fokus saja dengan topik pembicaraannya supaya dia merasa diperhatikan dan dipercaya. Memberi perhatian penuh pada yang dikatakannya bisa membantunya untuk bercerita lebih banyak dan akhirnya bisa lebih terbuka pada kita.

Membangun komunikasi yang baik bisa dimulai dengan saling meluangkan waktu untuk mengobrol dan mendengar satu sama lain. Bila komunikasi sudah bisa dijalin dengan baik, ke depannya hubungan bisa dijalani dengan lebih harmonis.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓