Cenderung Punya Gen Gemuk, Olahraga Ini Efektif Jaga Berat Badan Ideal

Febi Anindya Kirana09 Agu 2019, 19:07 WIB
kesehatan

Fimela.com, Jakarta Banyak orang mengira bahwa tubuh gemuk hanya dipengaruhi oleh pola makan yang tak sehat atau kurang olahraga. Ternyata gen juga memengaruhi kecenderungan tubuh menjadi gemuk atau tidak lho. Itulah penjelasan mengapa ada beberapa orang yang lebih mudah gemuk dan ada orang yang cenderung kurus.

Tnetunya hal ini membuat orang yang punya gen gemuk harus olahraga ekstra agar bisa menjaga berat badan idealnya. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLOS Genetics menemukan bahwa orang-orang yang mewarisi gen tubuh cenderung gemuk sebaiknya melakukan beberapa olahraga kardio.

Olahraga Jogging Efektif Jaga Berat Badan

olahraga jalan kaki
Tips olahraga jalan kaki./Copyright shutterstock.com

Penelitian yang dilakukan terhadap 18.424 orang Cina Han dewasa dengan rentang usia 30-70 tahun ini menemukan bahwa jogging secara rutin adalah olahraga paling efektif menjaga berat badan. Olahraga lain seperti jalan kaki, naik gunung, power walking, beberapa gerakan dancing, dan yoga adalah cara yang tepat menjaga BMI.

Fakta yang mengejutkan, olahraga seperti berenang, stretching, dan dance revolution ternyata tidak memberi efek yang maksimal terhadap pembakaran lemak.

Jadi, jika kamu punya gen gemuk dan cenderung mudah obesitas, lebih seringlah jogging. Meski demikian, terlepas dari punya gen gemuk atau tidak, setiap orang dianjurkan melakukan olahraga setiap hari.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓