4 Tips Membuat Kuah Sup Daging Sedikit Berlemak dan Tidak Berat

Endah Wijayanti10 Agu 2019, 12:15 WIB
sup kambing

ringkasan

  • Gunakan Kaldu Beku atau Kaldu yang Didinginkan
  • Setelah Air Rebusan Kaldu Mendidih, Segera Kecilkan Api Kompor
  • Gunakan Sendok Dingin untuk Menyingkirkan Lemak
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Sup dangan kuah kaldu daging memang terasa lebih istimewa. Lebih gurih dan pastinya sedap. Hanya saja kadang permasalahannya adalah kuah sup daging bisa terasa lebih berat dan berlemak. Apalagi bila dinikmati saat sudah dingin, sup jadi kurang lezat.

Untuk membuat kuah sup daging tidak terlalu berat dan berlemak, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Ada tips-tips mudah yang perlu diikuti agar bisa membuat kuah sup daging yang lebih ringan. Selengkapnya, langsung saja simak keterangannya di bawah ini.

1. Gunakan Kaldu Beku atau Kaldu yang Didinginkan

Kita bisa membuat kaldu stock yang sudah beku (disimpan dalam freezer). Dengan kaldu beku ini nantinya lemak bisa lebih mudah mengapung ke permukaan saat diolah. Menggunakan kaldu yang baru dibuat juga bisa, tapi sebaiknya kaldu disaring terlebih dahulu lalu didinginkan di dalam kulkas selama 1 jam. Baru setelah itu, kaldu bisa dipanaskan dengan api kecil. Lemak dari kaldu dingin akan mudah mengapung dan bisa segera disingkirkan dengan bantuan sendok.

2. Setelah Air Rebusan Kaldu Mendidih, Segera Kecilkan Api Kompor

Saat memasak sup dengan kaldu daging, sebaiknya tak menggunakan api besar dari awal hingga akhir proses memasak. Begitu air rebusan kaldu sudah mendidih, kita perlu mengecilkan api kompornya. Diamkan beberapa saat sampai lemaknya mengapung. Dari sini kita bisa membuang lemak yang mengapung dan menghasilkan kuah yang lebih jernih.

 

 

3. Gunakan Sendok Dingin untuk Menyingkirkan Lemak

resep
ilustrasi./copyright Shutterstock

Siapkan sendok lalu rendam dalam air es selama 15 menit. Sendok dingin bisa cukup ampuh untuk menyingkirkan lemak dari sup daging. Saat sendok dingin menyentuh air sup yang panas, lemak akan lebih mudah terkumpul di sendok. Kita bisa menyapukan bagian bawah sendok ke seluruh permukaan kaldu untuk membuang lemaknya.

4. Kurangi Garam dan Penyedap Rasa

Agar rasa kuah kaldu tidak terlalu berat, sebaiknya tak terlalu banyak menggunakan garam atau penyedap rasa. Rasa alami kaldu daging sudah memberi cita rasa khasnya sendiri. Bila kita menambahkan terlalu banyak bumbu dan bahan penguat rasa, nantinya malah akan merusak rasa.

Empat tips di atas bisa kita coba untuk membuat sup kaldu daging yang lezat. Semoga infonya bisa membantumu untuk lebih percaya diri membuat hidangan sup yang sedap, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓