5 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Pindah ke Bandung

Wuri Anggarini09 Feb 2020, 09:00 WIB
5 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Pindah ke Bandung

Fimela.com, Jakarta Jadi salah satu kota wisata favorit di Jawa Barat, surga kuliner, dan punya pemandangan super keren, ada banyak alasan mengapa Bandung begitu dicintai banyak orang. Gambaran kota yang ramah dengan udara sejuk akan selalu hadir dalam ingatan buat mereka yang pernah mampir ke sana. Belum lagi kualitas pendidikan yang nggak bisa disepelekan sehingga jadi kota impian untuk membangun keluarga.

Pernah kebayang buat pindah langsung ke Bandung? Ini dia beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan pindah tempat tinggal ke kota yang dijuluki Paris van Java tersebut.

Biaya hidup

5 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Pindah ke Bandung
5 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Pindah ke Bandung

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan tentu saja biaya hidup sehari-hari jika ingin pindah kota. Apalagi jika pindahan ini nantinya akan mengajak seluruh anggota keluarga di sana. Untuk biaya makan di Bandung, butuh budget sekitar Rp 10 ribu – Rp 15 ribu untuk sekali makan. Kalau kebetulan lokasi tempat tinggal berada di dekat kampus, masih ada kemungkinan untuk mendapatkan harga makanan yang lebih murah. Pilihan lain bisa disiasati dengan memasak sendiri yang pasti jauh lebih sehat dan bergizi.

Untuk biaya barang kebutuhan sehari-hari relatif sama dengan kota lain di Pulau Jawa. Sementara itu, tarif transportasi umum berkisar antara Rp 4 ribu hingga Rp 10 ribu. Layanan ojek online juga sudah banyak hadir di Bandung sehingga bisa memudahkan mobilitas sehari-hari.

Suasana kota untuk kehidupan sehari-hari

5 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Pindah ke Bandung
©Shutterstock

Bandung memang dikenal nyaman sebagai kota wisata. Tapi, seperti apa suasananya saat menjadi kota tempat tinggal menjalani kehidupan sehari-hari ya? Beberapa hal ini mungkin bisa jadi pertimbangan kamu.

Secara umum, Bandung berada di area pegunungan sehingga udara Bandung cenderung lebih sejuk dan dingin daripada Jakarta. Ibu kota Jawa Barat ini juga salah satu kota besar di Indonesia sehingga semua kebutuhan sehari-hari bisa dengan mudah didapatkan. Bandung juga menjadi tempat yang subur bagi pertumbuhan komunitas kreatif. Jadi, nggak bakal mati gaya deh saat merencanakan pindah ke sana!

Belum lagi Bandung adalah salah satu kota wisata favorit di Indonesia. Kalau lagi stres kerja dan butuh refreshing, ada banyak cara buat mendapatkan hiburan. Kawasan Lembang sudah dipadati banyak tempat wisata kekinian yang jadi favorit banyak orang. Kalau mau hiburan yang murah meriah juga bisa memanfaatkan fasilitas taman terbuka di pusat kota Bandung yang nggak kalah Instagenic.

Sayangnya, Bandung berkembang menjadi kota yang padat dalam beberapa tahun terakhir. Lalu lintas yang padat dan kemacetan pasti bakal kamu jumpai di sini. Biarpun nggak separah di Jakarta, tapi kemacetan di tengah kota bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Pilihan tempat tinggal

5 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Pindah ke Bandung
©Shutterstock

Bandung punya banyak daerah yang nyaman menjadi tempat tinggal. Misalnya kawasan Buah Batu yang lokasinya berada di ketinggian sehingga aman dari banjir, strategis, dan dekat dengan fasilitas umum lain seperti sekolah dan pusat perbelanjaan. Ada juga kawasan Setiabudi yang berada di jalur menuju Lembang, sehingga sudah pasti punya udara dingin nan segar khas pegunungan.

Jika belum bisa membeli rumah sendiri, kotrak rumah bisa jadi pertimbangan. Rata-rata biaya kontrak rumah di Bandung sekitar Rp 15 juta – Rp 20 juta per tahunnya. Sebelum pindah, ada baiknya kamu melakukan survey lokasi demi menemukan rumah yang tepat di lingkungan yang pas.

Membuat rencana pindahan yang matang

5 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Pindah ke Bandung
©Shutterstock

Sudah mantap ingin pindah ke Bandung? Saatnya susun rencana pindahan yang matang. Mulailah dari menghitung anggaran yang diperlukan agar acara pindahan kali ini nggak macet di tengah jalan. Setelah itu, mulailah mengepak barang apa saja yang akan dibawa. Mengingat kamu akan pindah antar kota, sebaiknya pilah-pilih terlebih dulu barang yang akan dibawa supaya nggak terlalu banyak barang yang diangkut.

Selain itu, jangan lupa mulai melakukan pengurusan surat-surat pindah dan cari sekolah yang bisa menerima siswa pindahan jika kamu sudah berkeluarga dan memiliki anak. Selanjutnya, luangkan waktu yang cukup panjang untuk proses pindahanmu kali ini, karena pindah antar kota pastinya membutuhkan waktu dan tenaga yang banyak.

Satu per satu rencana pindahan sudah dibuat, sekarang waktunya menemukan jasa pindahan Bandung yang terjamin kualitasnya dan bisa dipercaya. Nggak perlu bingung lagi, sekarang sudah ada TheLorry jasa pindahan Bandung yang menyediakan jasa angkut barang Bandung yang bisa dipesan secara praktis, yaitu lewat aplikasi di smartphone.

5 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Pindah ke Bandung
©Instagram/thelorry.id

Tinggal unduh aplikasi jasa pindahan Bandung TheLorry, kamu bisa melakukan pengecekan biaya secara transparan di sana. Berbagai jenis kendaraan bisa dipilih sesuai kebutuhan, mulai dari van, pickup, hingga truk. Ada juga layanan tambahan yang bisa dipilih jika ingin mendapatkan ekstra layanan bantuan driver seperti mengangkut barang, mengamankan barangmu, hingga membawakan barang dari mobil ke rumah yang baru.

Metode pembayaran yang ditawarkan juga praktis. Kamu bisa memilih melakukan pembayaran via kartu kredit, kartu debet, atau transfer antar bank hingga COD atau pembayaran di tempat. Kemudahan lain juga ditemukan jika memilih metode pembayaran Faspay Store, di mana kamu bisa melakukan pembayaran langsung di Alfamart terdekat.

Sekarang makin percaya kan kalau #AngkutBarangGakRibet bareng TheLorry? Buruan unduh aplikasi TheLorry jasa pindahan Bandung di App Store atau Google Play dan segera rencanakan pindahan ke Bandung bareng keluarga. Info lebih lengkap klik di sini.