Kenapa Pria Cepat Tertidur setelah Berhubungan Intim?

Endah Wijayanti12 Agu 2019, 19:45 WIB
pria tertidur

Fimela.com, Jakarta Saat sumi cepat tertidur atau langsung tidur setelah berhubungan intim, kita tak perlu langsung ngambek atau kesal kepadanya. Pria tertidur setelah berhubungan intim karena sejumlah alasan. Bahkan ada alasan biologis yang mendasarinya.

David McKenzie, seorang terapis seks di Vancouver seperti yang dikutip dari rd.com menyebutkan bahwa kandungan kimia tubuh pria berubah setelah orgasme. "Biokimia prolaktin dilepas yang secara fisik mengubah tubuhnya dan membuatnya sangat lelah," jelasnya. Sementara perempuan mungkin tidak selalu merasakan orgasme setiap kali berhubungan intim sehingga terkadang masih punya energi untuk mengobrol setelah berhubungan intim.

Mark Leyner dan Billy Goldberg, M.D., penulis Why Do Men Fall Asleep After Sex? memiliki penjelasan tambahan dari sisi biologis. Pengerahan tenaga saat berhubungan seks dan klimaks yang dialami melemahkan otot-otot glikogen yang memproduksi energi. Hal ini mengakibatkan pria merasa mengantuk. Karena pria memiliki lebih banyak massa otot dibandingkan perempuan, maka pria bisa merasa lebih capek setelah berhubungan intim.

Leyner dan Goldberg juga menjelaskan bahwa karena orgasme yang dirasakan pria bersifat eksternal, maka akibatnya energi mereka bisa cepat habis karena ejakuasi. Bagian otak korteks prefontal pada pria bisa menurun fungsinya setelah orgasme. Bagian otak tersebut berkaitan dengan aktivitas mental, kesadaran, dan kewaspadaan. Sehingga pria bisa merasa sangat mengantuk setelah berhubungan intim. Sedangkan pada perempuan, orgasme merupakan ledakan energi yang bersifat internal dan karena tidak mengeluarkan terlalu banyak energi seperti pria, perempuan masih bisa memiliki waktu untuk berpelukan atau berbincang-bincang setelah berhubungan intim.

Tapi bila kita ingin meningkatkan keintiman dengan suami setelah berhubungan intim ada beberapa tips yang bisa dicoba. Supaya kita tak lagi merasa kesal selalu ditinggal tidur duluan, kita bisa memilih waktu bercinta yang lebih tepat. Bisa diobrolkan dengan menjadwalkan hubungan intim pada waktu tertentu yang lebih tenang dan rileks. Komunikasikan juga bila kita masih ingin berpelukan lebih lama setelah berhubungan intim agar suami bisa lebih mengerti.

 

#GrowFearless with FIMELA