Menjadi Perempuan Merdeka dengan Berani Berkata Tidak

Ayu Puji Lestari12 Agu 2019, 14:05 WIB
Perempuan

Fimela.com, Jakarta Menolak hal yang di luar kebiasaan memang tidak mudah. Muncul rasa tidak nyaman, dan terbebani. Sebenarnya boleh tidak kita berkata tidak? Banyak orang mengiyakan permintaan dan tawaran orang lain hanya demi menghindari konflik. Khawatir jika akhirnya penolakan justru mempersulitmu di masa depan.

Sayangnya banyak orang tidak menyadari bahaya dari enggan berkata tidak. Hal ini akan berdampak buruk kepada kesehatan mentalmu, loh. Selalu mengiyakan permintaan orang lain akan membuatmu terbebani. Merasa perlu untuk selalu memberi yang terbaik untuk orang lain tanpa memperdulikan bagaimana kondisimu.

Sulit menolak dan berkata tidak akan membuat prioritasmu terganggu, sehingga dapat menyebabkan kamu kehilangan kontrol atas dirimu. Jika terus dibiarkan akan menyebabkan ganggua jiwa, cemas dan depresi.

Mengapa Berkata Tidak adalah Hal yang Sulit?

Perempuan
Alasan berkata tidak adalah hal yang sulit/copyright shutterstock

Di antara kamu mungkin merasa kata 'tidak' adalah sesuatu yang tidak sederhana. Merasa tidak nyaman dan merasa menyakiti hati orang lain. Mengapa hal ini terjadi? Karena kamu merada tidak enak untuk menolak, merasa bersalah dan tidak sanggup untuk mengecewakan orang lian.

Perasaan ingin diterima dengan selalu mengiyakan permintaan orang lain sering menjadi alasan mengapa seseorang enggan berkata tidak. Hal ini sering membuat orang lupa, jika salah satu tanda seseorang telah merdeka adalah dengan sanggup berkata tidak.

Mengiyakan semua keingian orang lain, akan membuatmu kehilangan energi yang banyak. Sehingga membuatmu lupa untuk fokus kepada tujuan hidupmu yang sebenarnya.

Menjadi Perempuan yang Merdeka

zodiak
ilustrasi perempuan bekerja/Photo by mentatdgt from Pexels

Berkata tidak mungkin akan membuatmu terkesan arogan dan 'semau gue' tapi percayalah 'tidak' akan membuatmu lebih memiliki waktu yang banyak. Ingatlah ada harga yang harus dibayar di setiap kesempatan. Selain itu kamu juga lebih dapat mengerjakan apa yang diinginkan, daripada apa yang orang lain harapkan.

We all have the luxury to choose. And we should be grateful for that. Jika memang tawaran tersebut tidak tepat untukmu, jangan ragu untuk menolaknya. Sahabat Fimela berhak atas pilihan hidupmu. Setiap orang memiliki preferensi masing-masing, tidak perlu berusaha sama dan selalu mengiyakan agar dapat diakui.

Merdeka artinya dapat memanfaatkan kesempatan yang memang dibuat untuk kita. Bukan untuk memuaskan orang lain lalu melupakan apa yang sebenarnya menjadi tujuan hidupmu.

Berkata Tidak Bukan Berarti Bersikap Egois

Perempuan
Berkata tidak bukan sifat egois/copyright shutterstock

Salah satu ketakutan yang sering dialami seseorang yang selalu berkata 'iya' dan enggan berkata 'tidak' adalah takut disangka egois. Berkata tidak adalah caramu untuk membentengi diri dari stres, jenuh dan penyesalan.

Mungkin awalnya sulit, namun kata 'tidak' adalah cara untuk memerdekakan diri yang bijak. Mungkin akan terasa tidak nyaman, butuh ketrampilan khusus untuk melakukannya. Jika tidak sekarang, kapan lagi?

Jadi, kapan kamu mulai berani berkata tidak?

#GrowFearLess with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓