Sukses

Lifestyle

Ragam Masakan Khas Idul Adha di Berbagai Daerah di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Indonesia memang dikenal sebagai salah satu negara dengan kekayaan kuliner yang mengagumkan. Ada banyak ragam kuliner yang bisa dinikmati di Indonesia. Beberapa kuliner bahkan menjadi sajian penting di hari penting seperti Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Jika di Hari Raya Idul Fitri, ada opor, ketupat dan sejenisnya yang menjadi sajian khas, di momen Idul Adha seperti sekarang ini juga ada beberapa masakan yang khas. Di beberapa daerah ada masakan olahan daging sapi atau kambing yang menjadi sajian wajib Idul Adha.

Kira-kira apa saja masakan atau kuliner khas Idul Adha tersebut? Simak yang berikut ini.

Ragam Kuliner Khas Idul Adha di Indonesia

Kari Kambing

Ini merupakan kuliner khas Aceh. Kari kambing memiliki cita rasa yang sanga menggugah selera. Kari kambing menjadi kuliner primadona masyarakat Aceh saat Idul Adha seperti sekarang ini.

Cincang Kambing

Kuliner ini merupakan kuliner Idul Adha khas Sumatera Barat. Cincang kambing dimasak dengan bumbu rempah yang melimpah. Masakan ini memiliki cita rasa yang begitu menggugah selera apalagi umumnya masakan ini dimasak dengan tambahan bumbu cabai pedas.

Balanga

Ini merupakan kuliner Idul Adha khas Sulawesi. Balanga biasanya disajikan berasama nasi kebuli. Balanga adalah kuliner yang diadaptasi dari masakan khas Arab dengan bumbu melimpah dan cita rasa super khas.

Rabeg dan Gulai

Rabeg

Ini merupakan kuliner Idul Adha khas Banten. Rabeg merupakan olahan daging kambing tepatnya bagian jeroan atau isi perut kambing. Untuk memasak rabeg harus dilakukan sangat hati-hati karena jika tidak, bau prengus dan amis khas kambing akan sangat menyengat.

Gulai

Gulai merupakan kuliner Idul Adha yang bisa ditemukan di hampir seluruh daerah di Indonesia. Gulai memiliki cita rasa yang super lezat, gurih dan menggugah selera. Biasanya, gulai juga disajikan bersama sate dan nasi putih hangat dengan taburan bawang merah goreng.

Itulah beberapa kuliner Idul Adha di Indonesia yang enaknya juara dan populer. Kalau Sahabat Fimela, apa nih kuliner yang paling disukai dari olahan daging kambing atau pun sapi?

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading