Budaya Betawi dan Permainan Tradisional Ramaikan GoFood Festival GBK

Novi Nadya14 Agu 2019, 14:30 WIB
Cultural Hub GoFood Festival Gelora Bung Karno

Fimela.com, Jakarta Ada banyak cara baru untuk memperkenalkan budaya ke masyarakat, baik itu melalui makanan, tarian, film, maupun aktivitas seru lainnya yang menambah wawasan. Kini, masyarakat Jakarta bisa lebih mengenal budaya lokal lewat prakarya dan permainan tradisional yang dikemas secara menarik dan kekinian di Cultural Hub GoFood Festival Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, mulai 28 Juli – 11 Agustus 2019.

Mengusung tema “Kenali Budaya Lewat Prakarya”, gelaran Cultural Hub Jakarta kali ini akan menghadirkan serangkaian aktivitas seru, diantaranya melukis dengan gaya khas Betawi, workshop merangkai rumah adat dari bahan kardus bekas, hingga keseruan permainan tradisional raksasa. Seluruh permainan ini dapat dinikmati pengunjung secara gratis dengan memperlihatkan bukti transaksi di GoFood Festival GBK.

VP Corporate Affairs - Food Gojek, Rosel Lavina mengatakan, “Berkolaborasi dengan Ganara Art, GoFood Festival menegaskan komitmennya sebagai community hub untuk menghadirkan pusat kegiatan yang nyaman dan mudah dijangkau masyarakat. Kami melihat di Jakarta banyak sekali anak muda yang punya ide-ide unik, namun memiliki keterbatasan ruang untuk menuangkan kreativitasnya, dimana biaya operasional juga menjadi salah satu tantangan yang paling banyak mereka hadapi. GoFood Festival menjadi salah satu solusi yang menjawab kebutuhan masyarakat, dalam hal ini komunitas, sebagai wadah berkreasi dan menciptakan dampak positif untuk masyarakat.”

Sejak pertama kali dibuka pada Januari 2018, GoFood Festival mendapatkan respon yang sangat positif di masyarakat dan telah memfasilitasi lebih dari 400 kegiatan komunitas. Setidaknya hampir seribu pengunjung yang datang setiap harinya selepas olahraga atau bekerja sambil menikmati kuliner dan bersantai di GoFood Festival GBK. Komunitas yang ingin membuat acara di GoFood Festival caranya mudah, cukup mendaftarkan data lengkap komunitas melalui bit.ly/GFFforCommunity dan akan dikonfirmasi lebih lanjut oleh tim GoFood Festival.

 

Hadirkan kembali budaya Betawi

Cultural Hub GoFood Festival Gelora Bung Karno (GBK)
Cultural Hub GoFood Festival Gelora Bung Karno (GBK)

Konsep budaya Betawi yang dibawa dalam Cultural Hub kali ini menurut Direktur Ganara Art, Tita Djumaryo terinspirasi dari warisan budaya lokal yang sangat dekat dengan kehidupan masyarakat sehari-hari. “Melestarikan budaya butuh peran aktif dari seluruh pihak. Kalau bukan generasi kita yang mulai menghidupkan budaya daerah setempat, akan sangat disayangkan kalau anak cucu kita nantinya tidak mengenal lagi jenis rumah adat, pakaian adat, bahkan kuliner khas nusantara. Padahal kekayaan budaya ini yang justru membedakan Indonesia dari negara-negara lainnya.”

Tita menambahkan bahwa GoFood Festival GBK menjadi ruang yang tepat untuk menghadirkan kembali nuansa budaya Betawi dengan lokasi strategis di jantung Kota Jakarta serta dekat dengan pusat aktivitas dan bisnis. “Sebagai komunitas seni, Ganara Art merasa sangat senang dapat berkolaborasi dengan GoFood Festival yang mengakomodasi instalasi seni dari artis-artis pengajar bawaan Ganara untuk dipamerkan di beberapa lokasi GoFood Festival di Jakarta, Makassar dan Palembang. Melalui Cultural Hub, kami ingin lebih banyak lagi mengajak masyarakat untuk mengenal budaya lokal melalui prakarya,” lanjutnya. Melalui Cultural Hub ini, Tita juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam melestarikan budaya melalui berbagai instalasi seni di beberapa titik di area GoFood Festival dengan tema mural, seni interaktif yang mengangkat budaya lokal setempat dan bisa menjadi tempat foto instagramable.

Selain itu, masyarakat umum juga dapat mengikuti workshop seni dan permainan tradisional sambil menikmati ragam kuliner serba nikmat dalam satu tempat dari 50 merchant pilihan GoFood Festival. Pengunjung yang berminat mengikuti workshop akhir pekan masih bisa bergabung di workshop selanjutnya yang dijadwalkan pada tanggal 10 dan 11 Agustus 2019 untuk membuat Rumah Kebaya menggunakan kardus bekas dengan konsep reuse.

“GoFood Festival sangat terbuka untuk berkolaborasi. Selain menawarkan alternatif kegiatan untuk masyarakat, kolaborasi ini juga diharapkan dapat mendatangkan gelombang pengunjung baru untuk mencicipi kuliner terbaik dari merchant kami. Hingga saat ini sudah hampir 1.000 merchant yang bergabung dengan GoFood Festival dan sukses meningkatkan omzet rata-rata 2 kali lipat. Kami berharap, inisiatif yang diadakan kedepannya bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat maupun mitra merchant kami.” tutup Rosel.

#GrowFearless with FIMELA 

Lanjutkan Membaca ↓