8 Tips Menghilangkan Bau Mulut Setelah Makan Daging

Febi Anindya Kirana13 Agu 2019, 11:54 WIB
bau mulut

Fimela.com, Jakarta Terkadang setelah makan makanan tertentu, misalnya daging kambing atau makanan dengan banyak rempah, mulut akan menimbulkan bau. Tentu ini tidak akan nyaman untuk sebagian orang, dan banyak orang berusaha menghilangkan bau mulut setelah makan daging. Ini sekian tips menghilangkan bau mulut setelah makan daging.

1. Minum banyak air putih

Setelah makan, pastikan minum air putih yang banyak. Air putih akan membilas rongga mulut dan tenggorokan dari sisa makanan yang menimbulkan bau sekaligus membantu proses membuang makanan penyebab bau di sistem pencernaan. Kamu bisa air putih biasa, namun minum air hangat dan berbagai infused water yang sudah dicampur buah-buahan mungkin bisa membantu lebih efektif.

2. Makan buah

Ambil buah sebagai dessert, terutama buah-buahan kaya vitamin C dan banyak air seperti semangka, pir, jeruk, stroberi, pepaya dan jambu karena mampu menghasilkan asam di mulut untuk menetralkan bau dan mencegah berkembangnya bakteri penyebab bau.

3. Menyikat gigi dan lidah

Setelah makan, kamu bisa langsung meyikat gigi dan tidka lupa lidah karena selain di sela-sela gigi, banyak sisa makanan yang menempel di lidah.

Menghilangkan Bau Mulut Setelah Makan Daging

Hindari 4 Makanan Ini agar Tidak Bau Mulut (G Stockstudio/Shutterstock)
Hindari 4 Makanan Ini agar Tidak Bau Mulut (G Stockstudio/Shutterstock)

4. Obat kumur

Berkumurlah secara menyeluruh beberapa kali setelah menyikat gigi, bisa menggunakan obat kumur atau air garam. Cara ini akan membantu secara efektif menyingkirkan bakteri dan sisa daging penyebab bau.

5. Makan yogurt

Yogurt mengandung bakteri bai sekaligus asam yang dapat membantu membersihkan rongga mulut dari sisa daging atau makanan penyebab bau. Bakteri probiotiknya membantu menyingkirkan bakteri dan menurunkan hidrogen sulfida yang dihasilkan bakteri.

6. Mengunyah permen mint

Jika ada permen karet rendah gula dengan rasa mint yang kuat, bisa menjadi cara sederhana menyingkirkan bau mulut. Cukup kunyah hingga terasa mulut dan napas segar. Jika merasa tak masalah mengunyah daun mint langsung, cara ini juga bisa dilakukan.

7. Minum teh tawar

Minum teh tawar atau jika suka, teh hijau, ternyata dapat menghilangkan bau mulut karena kandungan antimikroba pada teh mampu menyingkirkan bakteri penyebab bau. Katekin pada teh juga membantu menetralisasi kondisi rongga mulut sehingga terasa lebih segar.

8. Jahe

Selain menghangatkan badan, ternyata jahe dapat digunakan sebagai penghilang bau mulut. Sifat antimikroba dan kandungan minyak atsiri dan gingerol pada jahe sangat baik menyingkirkan bau. Cukup kunyah secukupnya atau seduh dengan air hangat dan minum.

Itu dia sekian cara menghilangkan bau mulut setelah makan daging. Hem, semoga napas dan aroma mulut kamu selalu segar setelah makan ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓