Ini 10 Tandanya Kamu Orang yang Sangat Sensitif

Annissa Wulan15 Agu 2019, 06:30 WIB
kerja keras bagai kuda

Fimela.com, Jakarta Orang-orang yang sensitif sering dikaitkan dengan kecerdasan emosional mereka, yaitu kemampuan untuk mengenali emosi mereka sendiri dan orang-orang di sekitarnya. Orang yang sangat sensitif cenderung memiliki sikap dan pikiran yang tenang.

Menjadi orang yang sensitif, intuitif, empatik, dan perseptif adalah beberapa sifat yang sangat dibutuhkan untuk keseimbangan dunia. Dilansir dari yourtango.com, Kamis (15/8/2019), berikut ini adalah beberapa tanda bahwa kamu adalah orang yang sangat sensitif, penasaran apa saja?

1. Secara alami, kamu akan selalu memeriksa tubuh dan sensasi yang dirasakan

Cara ini dilakukan untuk mengetahui hal-hal yang terjadi di sekitar dan tindakan terbaik apa yang bisa dilakukan. Tubuh adalah pemandumu untuk menjalani hidup.

2. Kamu merasakan apa yang dirasakan orang lain

Jika ada seseorang yang sedang mengalami kesulitan, kamu mungkin tidak bisa membantunya, tapi masih ingin melakukan sesuatu. Perasaanmu juga ikut sulit.

3. Perasaanmu dalam dan nyata

Kamu cenderung memiliki kebijaksanaan dan perspektif yang berbeda dengan orang lain.

4. Kamu bisa memahami apa yang dirasakan dan dialami oleh orang lain

Hal ini bahkan sering terjadi ketika orang lain bahkan tidak mengatakan apapun. Banyak orang membutuhkan orang-orang seperti kamu, yang bisa merasakan apa yang mereka rasakan.

 

 

Kamu merasa mudah kewalahan saat berada di antara kerumunan

Perempuan
Ilustrasi perempuan bekerja/copyright shutterstock

5. Kamu sering merasa kewalahan dalam kerumunan

Ketika berada di antara banyak orang, kamu biasanya merasa kewalahan dan perlu waktu untuk sendiri setelahnya. Menghindari kerumunan dan menghabiskan lebih banyak waktu sendirian adalah cara yang sehat untuk mengembalikan energimu.

6. Kamu butuh lebih banyak waktu untuk sendirian

Ini merupakan karakteristik yang sangat penting dari orang-orang yang sangat sensitif. Sendirian bukan pertanda kelemahan, keanehan, atau kurangnya penyesuaian sosial, namun cara merawat diri yang baik.

7. Kamu mudah kelelahan ketika mengerjakan sesuatu yang lebih dari seharusnya

Istirahat dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk berhubungan dengan diri sendiri sama pentingnya dengan mengonsumsi makanan sehat dan organik yang baik.

Kamu lebih suka berinteraksi dengan sedikit orang saja

Kerja Lembur
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

8. Kamu lebih suka berinteraksi dengan satu atau dua orang saja

Karena inilah salah satu cara untuk berhubungan dengan orang lain dengan lebih dalam dan bermakna. Percakapan yang berkualitas dengan seseorang saja sudah terasa berharga untuk waktu dan energi yang kamu keluarkan.

9. Kamu menyukai waktumu ketika sendirian

Orang-orang sensitif biasanya lebih suka tinggal di rumah dan membaca buku, daripada harus berpergian keluar untuk mencari hiburan.

10. Kamu sering merasa dirimu sendiri aneh

Aneh di sini bukan sesuatu yang negatif, kamu memang berbeda dari kebanyakan orang dan ini bagus. Apakah kamu punya tanda- tanda orang yang sangat sensitif?

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓