Jarang Disadari, 4 Kebiasaan Ini Meningkatkan Risiko Flu

Mimi Rohmitriasih18 Agu 2019, 15:15 WIB
Flu

ringkasan

  • Malas mencuci tangan
  • Meletakkan sikat gigi berdekatan
  • Memakai sepatu di dalam rumah
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Flu menjadi salah satu masalah kesehatan yang bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Flu memang tidak terlalu berbahaya. Namun, jika hal ini terjadi secara terus menerus, baiknya ini lebih diwaspadai dan dikhawatirkan.

Ada beragam kebiasaan yang sering kita lakukan namun jarang disadari dan meningkatkan risiko flu. Melansir dari laman good houskeeping, inilah beberapa kebiasaan yang meningkatkan risiko flu.

Kebiasaan yang Menyebabkan Flu

Ilustrasi flu
Ilustrasi flu. Sumber foto: unsplash.com/rawpixel.

Malas Cuci Tangan

Kebiasaan pertama adalah malas cuci tangan. Kita yang terlalu malas cuci tangan bisa berisiko mengalami flu lebih tinggi dibandingkan dengan orang lain yang rajin cuci tangan. Malas cuci tangan sangat memungkinkan beragam bakteri dan virus bersarang di tangan kita kemudian masuk ke tubuh dan menyebabkan flu. Malas cuci tangan juga bisa meningkatkan beragam risiko masalah kesehatan lain yang lebih serius.

Meletakkan Sikat Gigi Berdekatan

Kebiasaan selanjutnya adalah meletakkan sikat gigi berdekatan dengan sikat gigi anggota keluarga lain. Jika ada anggota keluarga yang lagi sakit flu, meletakkan sikat gigi berdekatan ini akan meningkatkan risiko penyebaran dan penularan flu.

Memakai Sepatu di Dalam Rumah

Siapa sangka bahwa memakai sepatu di dalam rumah bisa menyebabkan flu. Jangan salah Sahabat Fimela, hal ternyata bisa membuatmu lebih rentan terkena risiko flu. Direktur Medis UPMC North Huntington Urgent Care, Heather Rosen mengatakan jika meletakkan dan memakai sepatu di dalam rumah akan membuat penyebaran virus serta bakteri penyebab berbagai penyakit lebih gampang.

Jarang Mengganti Sprei

Sprei sebaiknya diganti minimal setiap dua minggu sekali. Jarang mengganti sprei akan membuat bakteri dan virus lebih mudah menyebar. Ini juga akan membuat kita lebih rentan terserang flu, batuk, radang tenggorokan dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Itulah beberapa kebiasaan yang menyebabkan risiko flu lebih mudah menyerang kita. Selain hal di atas, hal lain yang juga menyebabkan flu antara lain adalah pola makan tidak teratur, kehujanan, lingkungan kumuh, sistem kekebalan tubuh menurun dan konsumsi makanan yang berdebu, berlemak serta tidak higienis. Semoga informasi bermanfaat dan mari sama-sama lebih menjaga kebersihan agar terhindar dari flu pun berbagai masalah kesehatan lainnya.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓