Cara Membuat Bubur Mutiara Merah Putih yang Lembut

Endah Wijayanti15 Agu 2019, 07:49 WIB
bubur mutiara

ringkasan

  • Sagu Mutiara Dimasak dengan Air yang Sudah Mendidih
  • Tambahkan Larutan Tepung Maizena
  • Kuah Santan Direbus
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Bubur mutiara merupakan jenis bubur yang paling mudah dibuat. Tapi kadang salah proses merebusnya, mutiara tidak bisa lembut malah masih bergerindil. Padahal bubur mutiara yang paling enak adalah yang lembut.

Perpaduan warna merah dari sagu mutiara dan warna putih dari santan kelapa membuat bubur ini juga cocok dibuat untuk perayaan Hari Kemerdekaan RI. Bisa dinikmati bersama keluarga, bisa juga dibuat untuk acara syukuran bersama para tetangga. Berikut tips mudah yang bisa diikuti untuk membuat bubur mutiara yang lembut.

Sagu Mutiara Dimasak dengan Air yang Sudah Mendidih

Rebus dulu air di panci sampai mendidih. Baru kemudian sagu mutiara dimasukkan. Dimasak dengan api sedang sampai empuk. Setelah sagu mutiara empuk, baru masukkan gula pasir lalu aduk rata. Untuk 1/2 bungkus sagu mutiara kita bisa menggunakan 50 gram gula pasir dan 4 gelas air untuk merebus.

Tambahkan Larutan Tepung Maizena

Agar bubur mutiara bisa lebih lembut dan kental, kita bisa menggunakan larutan tepung maizena. Bisa larutkan 1 sdm tepung maizena dengan 2 sdm air matang. Larutan maizena ini bisa dimasukkan ke dalam sagu mutiara yang sudah empuk. Dalam proses mencampurnya perlu diaduk dengan cepat agar tidak menggumpal. Setelah mengental, segera matikan api.

Kuah Santan Direbus

Untuk membuat kuah santan bubur mutiara, kita bisa merebus santan kelapa dengan 1/4 sdt garam halus dan daun pandan. Rebus kuah santan sambil terus diaduk hingga mendidih. Sajikan bubur mutiara dengan kuah santan.

Cukup mudah bukan membuat bubur mutiara yang lembut? Semoga tipsnya bermanfaat, ya.

#GrowFearless with FIMELA