Cegah Cedera, 3 Tips Meningkatkan Beban Saat Olahraga di Gym

Karla Farhana16 Agu 2019, 08:30 WIB
[Fimela] Olahraga

Fimela.com, Jakarta Ketika perempuan ingin mengencangan tubuh dan memperkuat otot, olahraga menggunakan beban di gym menjadi salah satu pilihan. Beban seperti barbell, kettlebell, dan alat lainnya memang akan membuatmu semakin kuat. Juga membentuk otot terutama dibutuhkan oleh perempuan yang ingin mengencangkan lengan, perut, paha, dan bokong. 

Sebagai pemula, kamu mungkin masih takut-takut menggunakan beban saat berolahraga di gym. Paling-paling menggunakan barbell yang ringan atau resistance band. Melihat orang lain di gym yang sudah pro dan menggunakan beban yang cukup berat, pasti bikin kamu amazed. 

Namun Sahabat Fimela perlu ingat, memiliki target dan semangat tinggi untuk berolahraga dan membentuk tubuh agar lebih kencang seharusnya tidak membuatmu bertindak gegabah. Sebagai pemula, kamu harus tahu terlebih dahulu bagaimana cara memilih dan menambah beban saat berolahraga di gym

Pilih Beban yang Sanggup Kamu Angkat

Jangan Ditunda, Capai Body Goals dengan Mulai #AntiNgaret Berolahraga!
(c) Shutterstock

Untuk memulai, pilih barbells, kettlebell, dan dumbbells dengan beban yang kamu sanggup, namun tidak terlalu ringan juga. Sebagai pemula, jumlah beban ternyata tidak begitu penting. 

Karena yang terpenting adalah bagaimana menggerakkan tubuh dan melakukan gerakan dasar menggunakan beban tersebut dengan benar, tanpa membuat tubuhmu cedera dan menimbulkan rasa sakit. Karena, banyak orang yang terburu-buru menambah beban padahal posisi dan gerakannya masih salah. 

Setelah sudah mampu melakukan hal tersebut, kamu boleh menambah berat beban secara bertahap. Jangan langsung menggunakan beban yang berlebihan karena ingin otot cepat jadi. Karena biar bagaimana pun, kesehatan dan keselamatan pada saat berolahraga di gym tetap nomor satu. 

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓