5 Hal Ini akan Terjadi Jika Kamu Berhenti Makan Gula

Febi Anindya Kirana15 Agu 2019, 17:34 WIB
sehat

Fimela.com, Jakarta Meski memang dibutuhkan tubuh, namun asupan gula berlebih di dalam tubuh akan memberi efek buruk pada kesehatan. Lalu bagaimana jika kemudian kita berhenti makan gula?

Secara umum, kita memang tak akan bisa berhenti sama sekali makan gula, karena umumnya gula ada di dalam banyak makanan, seperti buah dan sayur, namun konsumsinya sangat dibatasi sehingga kiat tak lagi menginginkan gula berlebih. Seperti apa efeknya pada tubuh?

1. Keinginan ngemil lebih besar, namun akan hilang sendiri

Pada awalnya, jika terbiasa minum atau makan manis setelah makan besar, kamu akan merasa ada yang kurang sehingga keinginan ngemil manis semakin besar. Tak masalah, ini adalah proses melepaskan 'kecanduan' pada gula. Seiring berjalannya waktu, keinginan itu akan hilang karena telah terbiasa.

2. Kadar gula darah stabil

Ini efek yang menyenangkan pada tubuh karena jika kamu berhenti makan makanan bergula, tubuh akan dengan sendirinya mengalami penurunan kadar gula darah dan tak perlu mengkhawatirkan tingginya gula darah. Risiko dabetes tipe 2 juga akan menurun. Ganti gula dengan makanan berserat yang manis alami. Lisa Young, PhD, RD, dalam Women's Health mengatakan bahwa tubuh akan lebih energik jika tidak kebanyakan gula dalam tubuh.

Manfaat Berhenti Makan Gula

Gula Pasir
Ilustrasi Foto Gula Pasir (iStockphoto)

3. Mood lebih baik

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neuroscience & Biobehavioral Reviews menemukan bahwa gula tak akan menjadi mood-booster, tapi justru membuatmu merasa cepat mengantuk dan meningkatkan risiko kegemukan. Suasana hati akan lebih baik dan stabil jika tidak menggantungkan mood dengan ngemil gula.

4. Lidah akan menyesuaikan diri

Gula memiliki ras ayang kuat di lidah, dan ketika kamu berhenti makan gula, lidah akan menyesuaikan diri terhadap rasa manis. Buah dan sayuran akan terasa lebih manis dari yang kamu duga karena lidah jarang bertemu dengan rasa manis.

5. Jantung lebih sehat

Jantung akan mengalami peningkatan kesehatan yang signifikan karena kalori dari gula menruunkan risiko banyak penyakit yang berhubungan dengan jantung. Penelitian dalam JAMA Internal Medicine menemukan bahwa orang memiliki risiko meninggal lebih cepat 38% jika mengonsumsi gula yang banyak.

Jadi, jika ingin lebih sehat, mulailah mengurangi gula atau berhenti konsumsi gula tambahan dari sekarang, Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓