Uniknya Kuliner yang Terinspirasi dari Lomba Tradisional Saat Perayaan HUT RI

Meita Fajriana18 Agu 2019, 17:00 WIB
Kuliner HUT RI

Fimela.com, Jakarta HUT RI ke-74 biasanya diperingati dengan upacara bendera dan dimeriahkan dengan berbagai parade, perkumpulan komunitas dan berbagai acara menarik seperti perlombaan tradisional yang diikuti oleh dewasa maupun anak-anak, mulai dari balap karung, makan kerupuk, dan memasukkan pesil kedalam botol.

Untuk itu, Fairmont Jakarta ikut merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 dengan menghadirkan hidangan kuliner ekslusif di 1945 Restaurant. Tahun ini, 1945 Restaurant mengangkat tema permainan tradisional yang menyenangkan ke dalam menunya yang akan disajikan secara khusus pada tangagl 17 dan 18 Agustus 2019.

Dikenal karena menghadirkan imajinasi inovatif tentang makanan tradisional Indonesia sebagai masakan gourmet, 1945 Restaurant mengangkat hidangan yang akrab menjadi kreasi yang penuh cita rasa dan penuh warna melalui alkimia dapurnya.

Kali ini, Chef de Cuisine, Adhtia Julisiandi telah menyiapkan 4 course tasting menu dengan twist yang menyenangkan yang akanmembawa para tamu bernostalgia dan menghidupkan kembali memori menyenangkan saat merayakan HUT RI.

Perjalanan kuliner ini dimulai dengan “Pensil & Botol”, yang terinspirasi oleh mainan klasik memasukkan pensil ke dalam botol. Chef Adhtia menciptakan pensil edible yang terbuat dari daging ayam, dan kemudian dimasukkan ke dalam botol yang berisi racikan saus istimewa.

Menu selanjutnya terinspirasi dari lomba “Tangkap Belut”. Menu ini menyajikan belut yang sudah dipanggang, dan disajikan dengan acar timun, kari mayo, dan Ikura yang sudah di fermentasi.

Hidangan berikutnya adalah “Balap Karung”, yang terdiri dari kulit tahu manis berisi udang, octopus dan kerang hitam. Selanjutnya pada hidangan utama, Chef Adhit menyajikan menu yang terinspirasi dari permainan paling ikonik perayaan HUT RI, yaitu Panjat Pinang.

 

Menu makanan terinspirasi dari lomba panjat pinang

Kuliner HUT RI
Kuliner HUT RI. (Foto: Dok. Fairmont Jakarta)

Permainan ini biasanya diikuti oleh peserta dalam grup, dimana mereka harus bekerja bersama-sama untuk memanjat batang pohon yang sudah dilumuri minyak untuk mendapatkan hadiah yang terdapat di atas pohon.

Chef Adhit, menginterpretasikan permainan ini dengan menu yang terdiri dari beef cheek yang dimasak dengan saus andaliman, dengan pelengkap kecombrang cassava, black garlic, wortel panggang, dan kerupuk kulit.

 

Kuliner terinspirasi dari lomba kelereng

Kuliner HUT RI
Kuliner HUT RI. (Foto: Dok. Fairmont Jakarta)

Sebagai hidangan penutup, para tamu akan disuguhkan coklat berbentuk kelereng dengan isi gel yang terbuat dari berbagai buah-buahan khas Indonesia, seperti nangka, alpukat, dan coconut pandan. Coklat “Kelereng” ini dilengkapi dengan sorbet rasa es puter, coconut toile, dan vanilla Chantilly cream.

Menu spesial 1945 Restaurant mencerminkan kecintaan pada bangsa yang merayakan hari jadinya. Menu ini hanya tersedia untuk makan malam dengan harga IDR645 ribu per orang, sudah termasuk “Merdeka” mocktail.

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓