Tips Mengolah Buncis agar Warnanya Tetap Hijau Cerah

Endah Wijayanti19 Agu 2019, 08:15 WIB
Buncis

ringkasan

  • Buncis Disiangi Terlebih Dahulu
  • Masukkan dalam Air yang Sudah Mendidih
  • Rendam dalam Wadah Berisi Air dan Es Batu
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Buncis bisa diolah jadi aneka hidangan yang lezat. Mudah sekali mengolahnya menjadi tumisan atau dijadikan bahan untuk sup dan lainnya. Untuk mempertahankan nutrisinya, merebus adalah teknik yang cukup efektif untuk mengolahnya. Tapi untuk mempertahankan warnanya tetap hijau cerah, ternyata ada caranya sendiri.

Merebus buncis agar tetap hijau cerah warnanya perlu memperhatikan sejumlah hal. Demi mempertahankan teksturnya yang renyah dan warnanya yang hijau cerah, berikut tips yang bisa diikuti

1. Buncis Disiangi Terlebih Dahulu

Tata buncis hingga sama panjang, lalu potong ujung-ujungnya. Setelah itu, beri sayatan kecil di ujungnya untuk menarik keluar serat di bagian samping buncis. Tak masalah jika tak bisa menarik keluar semua serat, asal beberapa serat di buncis sudah tertarik. Setelah disiangi, buncis bisa dicuci sampai bersih untuk kemudian kita potong sesuai selera.

2. Masukkan dalam Air yang Sudah Mendidih

Tumis Buncis
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Rebus air hingga mendidih, tambahkan sedikit garam. Setelah air mendidih, masukkan potongan buncis. Rebus selama sekitar 3 menit. Kemudian, angkat dan tiriskan.

3. Rendam dalam Wadah Berisi Air dan Es Batu

Siapkan wadah berisi air dan es batu secukupnya. Lalu, masukkan buncis yang baru selesai direbus ke dalamnya. Diamkan selama beberapa saat. Setelah itu, buncis siap dinikmati sebagai pendamping lalapan atau steak.

Selain direbus, buncis juga bisa dikukus untuk mempertahankan warna hijau cerahnya. Panaskan kukusan, lalu kukus buncis selama sekitar 3 menit untuk kemudian bisa langsung dinikmati atau dijadikan pendamping makanan lain.

Semoga tips ini bermanfaat, ya. Selamat memasak dan berkreasi dengan buncis.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓