5 Hal yang Perlu Disadari di Usia 20an agar Hidup Tak Kebanyakan Drama

Endah Wijayanti16 Agu 2019, 16:08 WIB
menjalani usia 20an

Fimela.com, Jakarta Usia 20an adalah fase yang penting dalam hidup. Pada fase ini kita akan mendapat banyak pengalaman baru dan belajar banyak hal yang bermakna. Hidup mungkin akan terasa lebih berat karena kita dihadapkan pada berbagai hal yang belum pernah dialami sebelumnya.

Masing-masing diri kita selalu berproses untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Kita akan selalu dihadapkan pada berbagai pilihan untuk menemukan makna hidup yang lebih indah. Di usia 20an pun kita perlu menyadari beberapa hal penting. Ada hal-hal yang sebaiknya dipahami dengan sepenuhnya agar hidup tak kebanyakan "drama" yang nggak penting.

1. Tidak Semua Berjalan sesuai Rencana tapi Itu Tak Masalah

Tidak semua rencanamu akan berjalan mulus. Ada hal-hal yang terjadi di luar rencana. Bahkan rencana yang sudah disusun dengan rapi bisa berantakan karena satu hal yang benar-benar di luar kendali kita. Entah untuk urusan asuransi pendidikan, jodoh, atau karier, ada hal-hal yang mungkin tak sesuai keinginan kita. Tak apa, sebab kita masih bisa membuat pilihan-pilihan baru untuk hidup yang lebih baik lagi.

 

 

I thought I knew everything about love and relationships in my 20s, the ignorance of youth is bliss. As you get older, you start to realise that you dont really know anything and life is a great traveling journey. Life is unexpected…you just never know whats going to happen. - Reese Witherspoon

cara move on
Ilustrasi./Copyright pexels.com/@d-ng-nhan-324384

2. Orang-Orang Bisa Berubah dengan Cara Tak Terduga

Teman atau sahabat dekatmu mungkin tak seperti dulu lagi. Kehidupan dan perjalanan yang ada membuat mereka berubah. Orang-orang yang kita kenal bisa berubah dengan cara yang tak pernah diduga sebelumnya. Bahkan kita  yang sekarang pun mungkin bukan seperti yang dulu lagi. Tak perlu kaget atau mengutuk perubahan yang ada. Waktu terus berjalan, perubahan hidup bisa terjadi dengan cara uniknya masing-masing.

3. Tidak Semua yang Kamu Lihat di Media Sosial Itu Wujud Kesempurnaan

Setiap hari hidup kita terasa selalu terbagi. Waktu kita terbagi dengan kesibukan kita berselancar di dunia maya. Perhatian kita sering teralih dengan hal-hal yang kita lihat di media sosial. Kita jadi lebih mudah mengetahui kabar setiap orang. Mudah pula membanding-bandingkan hidup kita dengan orang lain. Tapi kita juga perlu menyadari bahwa tidak semua hal yang kita lihat di media sosial itu wujud dari kesempurnaan. Kita tak pernah tahu apa saja kebenaran yang berada di balik sebuah foto atau caption.

Start your twenties with a lot of friends and leave with a few good ones. What happened? People faded away into their careers and relationships. Fights were had and never resolved. Shit happens. - Ryan O’Connell

5 Tips Aman Bagi Perempuan yang Sedang Berwisata Sendirian
Ilustrasi.

4. Kesalahan dan Kegagalan Masih Menjadi Bagian dari Hidup Kita

Jangan hanya karena kita merasa sudah dewasa kita bisa melakukan segala sesuatunya dengan sempurna. Kita mungkin akan masih melakukan banyak kesalahan dan kegagalan. Perasaan stres dan tertekan pun mungkin akan kita alami. Dalam karier, jodoh, dan impian-impian yang sedang kita perjuangkan, akan ada momen kita tak bisa terhindar dari kesalahan atau kegagalan.

 

Your 20s are not by default the only time in your life that you can pick up and go, or that you can try out different careers. The space where comfort and risk come together is a space where learning and growing are most likely to happen. If you get set in your ways and become unsatisfied but comfortable, you’ll never learn anything different unless you’re willing to put yourself in a scary position. - Holden Desalles

bahagia
ilustrasi/Photo by JD Chow on Unsplash

5. Tak Pernah Ada Kata Terlambat untuk Memulai Hal Baru

Masih ada banyak hal yang bisa kita coba. Kegagalan bukan akhir dari segalanya. Saat ada rencana yang tak berjalan sesuai dengan harapan, kita masih bisa membuat pilihan baru. Kita bisa melakukan hal-hal yang belum pernah dicoba sebelumnya. Tidak ada kata terlambat untuk mencoba hal baru.

Menjalani usia 20an kita akan dihadapkan pada berbagai hal baru. Ada hal-hal menyenangkan. Ada juga hal-hal yang tak menyenangkan. Semua itu akan jadi bagian dari hidup kita. Tetap semangat menjalani hari-hari ke depannya. Isi setiap fase hidup ini dengan berbagai pengalaman baru.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓