4 Penyebab Gorengan Jadi Lembek saat Dingin

Endah Wijayanti17 Agu 2019, 14:31 WIB
bakwan

ringkasan

  • Tidak Menambahkan Tepung Beras dalam Adonan
  • Api yang Digunakan saat Proses Penggorengan Terlalu Besar
  • Minyak yang Digunakan Terlalu Sedikit
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Aneka gorengan memang paling pas disantap selagi hangat. Bila sudah dingin, beberapa jenis gorengan akan lembek dan tidak renyah lagi. Penyebab gorengan berubah jadi lembek saat dingin ini bisa dikarenakan sejumlah hal.

Bila tidak ingin gorengan yang dibuat berubah lembek saat dingin, hindari beberapa hal berikut ini. Karena empat hal ini merupakan penyebab paling umum gorengan berubah jadi lembek saat sudah tidak panas lagi.

1. Tidak Menambahkan Tepung Beras dalam Adonan

Gorengan seperti tahu isi dan bakwan perlu dibuat dengan adonan yang menggunakan tambahan tepung beras. Tepung beras bisa membuat adonan lebih krispi ketika digoreng. Selain itu, gorengan pun bisa tetap renyah setelah dingin.

2. Api yang Digunakan saat Proses Penggorengan Terlalu Besar

Bila gorengan digoreng dengan api yang terlalu besar, hasilnya bagian luar akan cepat gosong dan bagian dalamnya masih lembek. Jika ingin matangnya lebih merata, gunakan api sedang saat menggoreng. Gorengan cukup dibalik dua kali dalam posisi terendam minyak agar hasilnya lebih renyah dan tidak terlalu berminyak saat sudah matang.

 

 

3. Minyak yang Digunakan Terlalu Sedikit

Bakwan Sayur
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Sangat disarankan untuk menggunakan teknik deep frying untuk memasak gorengan. Gorengan perlu terendam sempurna agar matangnya merata dan renyah bagian luar serta dalamnya. Jika minyak yang digunakan terlalu sedikit, hasilnya nanti gorengan jadi kurang renyah dan malah lembek saat sudah dingin.

4. Adonan Basah Kebanyakan Air

Gorengan akan cepat lembek bila adonan basah yang digunakan kebanyakan air. Apalagi jika kita menggunakan beberapa jenis sayuran dalam gorengan yang kita buat, maka kita perlu lebih hati-hati dalam menakar air. Sayuran juga mengandung air sehingga kalau adonan tepung yang digunakan kebanyakan air, nanti hasilnya malah gorengan jadi kurang renyah.

Semoga info ini bisa jadi masukan yang cukup bermanfaat, ya. Bila ingin membuat gorengan yang lebih renyah, sebisa mungkin hindari empat hal di atas.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓